PENERAPAN METODE JIG-SAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH EPIDEMIOLOGI DI STIKES KARYA HUSADA SEMARANG

Setiawati, Indayana (2014) PENERAPAN METODE JIG-SAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAH EPIDEMIOLOGI DI STIKES KARYA HUSADA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1769Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang : Pada proses pembelajaran, selain penggunaan metode pembelajaran yang tepat untuk menghasilkan prestasi belajar yang berkualitas, keberhasilannya dipengaruhi beberapa faktor diantaranya minat, motivasi, fasilitas, lingkungan, dan lain-lain. Macam-macam metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan, demonstrasi, simulasi dan model pembelajaran dengan pendekatan Cooperative Learning, salah satunya Jigsaw. Tujuan : untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa dengan menerapkan metode pembelajaran jigsaw. Metode penelitian : penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa DIII Kebidanan tingkat II semester II dengan jumlah 30 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motoivasi dan tes prestasi belajar mata kuliah epidemiologi kebidanan. Pelaksanaan tindakan ini melalui dua siklus. Hasil : berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan, yaitu sebagai berikut: pertama penerapan metode pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar mahasiswa. Nilai mahasiswa sudah diatas batas minimal yaitu 67, nilai tertinggi 93, dan nilai rata-rata kelas 77. Motivasi belajar mahasiswa yang diperoleh sangat tinggi. Kata Kunci : motivasi belajar, prestasi belajar, metode jigsaw.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Nilam Rikamukti
    Date Deposited: 11 Sep 2015 22:10
    Last Modified: 11 Sep 2015 22:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18701

    Actions (login required)

    View Item