ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN BERDASARKAN KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN AIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013 (Untuk Substansi Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XI Semester II)

YUNANTO, MUHAMMAD KHOLIQ (2015) ANALISIS DAYA DUKUNG LAHAN BERDASARKAN KETERSEDIAAN DAN KEBUTUHAN AIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI JLANTAH HULU KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2013 (Untuk Substansi Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XI Semester II). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (506Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhammad Kholiq Yunanto. K5410043. Analisis Daya Dukung Lahan Berdasarkan Ketersediaan dan Kebutuhan Air di Daerah Aliran Sungai Jlantah Hulu Kabupaten Karanganyar Tahun 2013 (Untuk Substansi Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar Pemanfaatan dan Pelestarian Lingkungan Hidup Kelas XI Semester II). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Oktober 2014. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat ketersediaan air di DAS Jlantah hulu tahun 2013, (2) mengetahui tingkat kebutuhan air di DAS Jlantah hulu tahun 2013, (3) mengetahui daya dukung lahan berdasarkan tingkat ketersediaan dan kebutuhan air di DAS Jlantah Hulu tahun 2013, (4) mengetahui arahan penataan ruang di DAS Jlantah Hulu 2013 berdasarkan tingkat ketersediaan dan kebutuhan air, (5) untuk menyusun materi ajar geografi pada kompetensi dasar pemanfaatan dan pelestarian lingkungan hidup di kelas XI Semester II. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan keruangan (Spatial Approach), dan metode yang digunakan dalam pengambilan data dan analisisnya menggunakan metode survei deskriptif yang didukung oleh data-data sekunder . Populasi pada penelitian ini adalah satuan DAS dan satuan lahan di DAS Jlantah Hulu. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, dan uji laboratorium. Teknik analisis data untuk mengetahui keseimbangan air dilakukan dengan cara membandingkan ketersediaan air berdasarkan metode Neraca Air Thornwaite-Mather dan kebutuhan air berdasarkan perumusan Dumairi, kemudian dilakukan arahan penataan ruang berdasarkan pada fungsi kawasannya dengan metode skoring. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) ketersediaan air secara pada DAS Jlantah Hulu tahun 2013adalah sebesar 42.071.119 m3, dengan ketersediaan air terbanyak pada bulan Februari yaitu sebesar 10.590.853 m3, (2) kebutuhan air pada DAS Jlantah Hulu tahun 2013 dihitung berdasarkan pada penggunaan lahannya berupa tegalan, irigasi (sawah), hutan lainnya, dan permukiman dengan total kebutuhan air sebesar 23.592.019,6 m3, (3) Daya dukung sumberdaya air di DAS Jlantah Hulu tahun 2013 berdasarkan perbandingan antara potensi ketersediaan air dengan potensi kebutuhan air adalah 1,783 sehingga telah terjadi surplus air, (4) Arahan penataan ruang pada DAS Jlantah Hulu Tahun 2013 berdasarkan tingkat ketersediaan dan kebutuhan air dengan mengelompokan menjadi 4 jenis penggunaan lahan yaitu hutan lainnya sebesar 55 %, sawah sebesar 10 %, tegalan sebesar 27 % dan permukinan tidak mengalami perubahan yaitu sebesar 8 %. Kata Kunci : daya dukung lahan, sumberdaya air, ketersediaan air, kebutuhan Air, Neraca Air,

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 11 Sep 2015 18:08
    Last Modified: 11 Sep 2015 18:08
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18694

    Actions (login required)

    View Item