TERPAAN IKLAN DAN BRAND AWARENESS (Studi Korelasi Terpaan Iklan A-Mild versi “Go A Head” di Televisi dan Brand Awareness diantara Siswa SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Tahun Ajaran 2003/2004

Herawati, Martha Maria Dewi (2015) TERPAAN IKLAN DAN BRAND AWARENESS (Studi Korelasi Terpaan Iklan A-Mild versi “Go A Head” di Televisi dan Brand Awareness diantara Siswa SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Tahun Ajaran 2003/2004. Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (626Kb)

    Abstract

    ABSTRAK Martha Maria Dewi Herawati, D1210045, TERPAAN IKLAN DAN BRAND AWARENESS (Studi Korelasi Terpaan Iklan A-Mild versi “Go A Head” di Televisi dan Brand Awareness diantara Siswa SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Tahun Ajaran 2003/2004, Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi Non Reguler, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta 2004 Tingkat persaingan perusahaan dan produk menyebabkan berbagai perusahaan harus menunjukkan strategi untuk mendapatkan penjualan produk yang tinggi. Dalam memperkenalkan produk tersebut, digunakanlah media iklan yang menarik dan mampu merebut perhatian masyarakat. Televisi merupakan media yang memiliki kekuatan audioviosiual, sisi kreasi dan kekuatan persuasif. Iklan adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk pemirsa, untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide atau jasa. Dalam hal ini peneliti akan mencari hubungan antara terpaan iklan A-Mild versi "Go A Head" di televisi dan brand awareness. Dalam penelitian ini menggunakan dua variabel. Variabel independen yaitu terpaan iklan A-Mild versi Go A Head di Televisi dan variabel dependen yaitu brand awareness di kalangan siswa SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian penjelasan yaitu berusaha menjelaskan antara hubungan variabel, metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta kelas XII tahun ajaran 2003/2004. Sampel yang diambil dari 10% populasi, yaitu sebanyak 100 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sistem random agar setiap kelompok dapat terwakili. Dalam penelitian ini, untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan perhitungan statistik Teknik Korelasi Tata Jenjang Spearman. Statistik ini dipakai untuk mengukur asosiasi antar dua variabel yang keduanya mempunyai ukuran skala ordinal yang memungkinkan agar obyek yang diteliti dapat diberi jenjang. Hasilnya menunjukkan bahwa masing-masing variabel berhubungan satu sama lain secara positif dan signifikan. Adapun korelasi antara terpaan iklan AMild versi “Go A Head” dan Brand Awareness dikalangan siswa SMA Pangudi Luhur Santo Yosef Surakarta adalah positif dan signifikan diukur menggunakan perhitungan statistik Teknik Korelasi Tata Jenjang Spearman dengan nilai rs sebesar 0,525 dan nilai t-hitung 6,106 menunjukkan adanya hubungan antara dua variabel tersebut.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 11 Sep 2015 17:40
    Last Modified: 11 Sep 2015 17:40
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18691

    Actions (login required)

    View Item