PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS RECEPTION TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL LOR IN SOLO

Nugroho, Marsetio Agung (2015) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PETUGAS RECEPTION TERHADAP KEPUASAN TAMU DI HOTEL LOR IN SOLO. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (428Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Marsetio Agung Nugroho, C9411031. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Reception Terhadap Kepuasan Tamu Di Hotel Lor In.Program Studi Diploma III Jurusan Usaha Perjalanan Wisata Fakultas Sastra dan Seni rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu : (1) Bagaimana tugas dan aktivitas pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing section Front Office Departement di Hotel Lor In Solo. (2) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan petugas reception terhadap kepuasan tamu di Hotel Lor In. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tugas dan aktivitas pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing section Front Office Departementdi Hotel Lor In Solo. (2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan petugas reception terhadap kepuasan tamu di Hotel Lor In. Di dalam melakukan penelitian, menggunakan metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, yaitu melakukan pengamatan di lokasi penelitian yaitu di Hotel Lor In, wawancara dengan pihak – pihak yang terkait dengan Hotel Lor In, mengumpulkan dokumen – dokumen pustaka. Sumber data yang dapat dilihat serta diketahui hal – hal mengenai tugas dan aktivitas pelayanan yang dilakukan oleh masing-masing section Front Office Departement di Hotel Lor In Solo dan mengetahui kualitas pelayanan petugas reception terhadap kepuasan tamu di Hotel Lor In. Dari hasil penilitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan reception di Hotel Lor In Solo meningkat dengan penilaian hasil rekapitulasi dengan nilai yang baik dengan jumlah tingkat hunian kamar yang meningkat dilihat dari occupancy hotel pada bulan Januari-April 2014. Kesimpulan dari penelitian ini adalahFront Office merupakan salah satu bagian yang memiliki peran penting dalam penyelenggaraan layanan di sebuah hotel dan merupakan perantara antara tamu dan hotel, petugas yang bertugas bagian Front Office Department terutama Reception dan Bellboy/concierge langsung bertemu, berbicara, dan melayani tamu yang check in dan check out. Kata Kunci : Petugas Reception, Kualitas Pelayanan

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Sastra dan Seni Rupa
    Fakultas Sastra dan Seni Rupa > D3 - Usaha Perjalanan Wisata
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 11 Sep 2015 17:15
    Last Modified: 11 Sep 2015 17:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18689

    Actions (login required)

    View Item