FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN KREDIT RAKYAT PADA PAGUYUBAN SOLIDARITAS SOSIAL BAKI SIJI (APLIKATOR GRAMEEN BANK) PENDEKATAN LINEAR PROBABILITY MODEL (LPM)

FAUZI, M. BURHANUDIN (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN KREDIT RAKYAT PADA PAGUYUBAN SOLIDARITAS SOSIAL BAKI SIJI (APLIKATOR GRAMEEN BANK) PENDEKATAN LINEAR PROBABILITY MODEL (LPM). Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF
Download (435Kb)

    Abstract

    ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN PEMBAYARAN ANGSURAN KREDIT RAKYAT PADA PAGUYUBAN SOLIDARITAS SOSIAL BAKI SIJI (APLIKATOR GRAMEEN BANK) PENDEKATAN LINEAR PROBABILITY MODEL (LPM) M. BURHANUDIN FAUZI F0107063 Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan, pendidikan, status usaha, tenaga kerja, dan tanggungan keluarga terhadap kelancaran pembayaran kredit pada Paguyuban Solidaritas Sosial Baki Siji. Data yang digunakan adalah data primer kuesioner sejumlah 110 responden anggota Paguyuban Solidaritas Sosial Baki Siji. Model estimasi yang digunakan adalah Linear Probability Model(LPM). Alat analisis yang digunakan adalah Ordinary Least Square(OLS) pada tingkat kemaknaan 95% dalam setiap ujinya. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa variabel pendidikan, status usaha dan tenaga kerja, berpengaruh positif. Variabel tanggungan keluarga berpengaruh negatif. Sedangkan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pembayaran. Penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Kevane dan Wydrick (2001) di Guatemala, dan Imai, Arum, Annim (2010) di India menyebutkan bahwa peran kalangan peminjam sangat besar untuk mengentaskan kemiskinan. Kata kunci : kelancaran pembayaran kredit, pendidikan, status usaha, tenaga kerja, tanggungan keluarga.

    Item Type: Other
    Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 11 Sep 2015 16:38
    Last Modified: 11 Sep 2015 16:38
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18684

    Actions (login required)

    View Item