PENGARUH KECEPATAN ROTASI TOOL TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN FRICTION STIR WELDING MATERIAL POLYAMIDE DENGAN PEMANAS TAMBAHAN

DIQI, MUHAMMAD (2015) PENGARUH KECEPATAN ROTASI TOOL TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN FRICTION STIR WELDING MATERIAL POLYAMIDE DENGAN PEMANAS TAMBAHAN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (288Kb) | Preview

    Abstract

    PENGARUH KECEPATAN ROTASI TOOL TERHADAP SIFAT MEKANIK SAMBUNGAN FRICTION STIR WELDING MATERIAL POLYAMIDE DENGAN PEMANAS TAMBAHAN Muhammad Diqi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta Jl. Ir. Sutami 36A Surakarta tlp.0271632163 web: http://mesinuns.ac.id E-mail : muhammaddiqi91@gmail.com Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecepatan putaran tool dan pemanas tambahan terhadap kekuatan mekanik polyamide hasil las friction stir welding. Spesimen dilas dengan menggunakan mesin miling 57- 3C dan tipe sambungan adalah butt joint. Parameter pengelasan yang digunakan yaitu kecepatan putaran tool 204 ; 356; 620; 1140 rpm dengan penambahan pemanas, kecepatan pengelasan 7,3 mm/menit dan sudut kemiringan tool 20. Struktur makro, kekuatan tarik maksimum dan kekuatan bending sambungan diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecepatan putaran tool 620 rpm dengan penambahan pemanas adalah variabel penelitian dengan hasil terbaik ditinjau dari kekuatan mekanik dan struktur makro hasil lasan. Variabel kecepatan putaran tool 602 rpm dengan penambahan pemanas menghasilkan kekuatan tarik dan bending tertinggi yaitu 14,55 MPa dan 6,022 MPa serta menghasilkan struktur makro sambungan tanpa voids. Kata kunci: friction stir welding, polypropylene, kecepatan putaran tool, penambahan pemanas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > D3 - Teknik Mesin
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 11 Sep 2015 14:03
    Last Modified: 11 Sep 2015 14:03
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18674

    Actions (login required)

    View Item