MUSEUM ISDIMAN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 AMBARAWA

ALLUTHFI, MUHAMAD FATHURROHMAN (2015) MUSEUM ISDIMAN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 AMBARAWA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (548Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Muhamad Fathurrohman Alluthfi. K4410033. MUSEUM ISDIMAN PALAGAN AMBARAWA SEBAGAI SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 AMBARAWA. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) sejarah dan perkembangan Museum Isdiman Palagan Ambarawa, (2) kondisi dan pengelolaan benda-benda bersejarah di Museum Isdiman Palagan Ambarawa, (3) pemanfaatan koleksi Museum Isdiman Palagan Ambarawa sebagai sumber dan media pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Ambarawa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan bentuk studi kasus tunggal. Sumber data penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa, arsip, dokumen dan benda bersejarah Museum Isdiman Palagan Ambarawa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan analisis dokumen. Teknik cuplikan menggunakan purposive sampling yang berasal dari pengelola Museum Isdiman Palagan Ambarawa, pelaku sejarah, guru sejarah, wakasek kurikulum, wakasek sarana dan prasaran, siswa, Dispora Kabupaten Semarang. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data dan metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif, yaitu proses analisis yang bergerak di antara tiga komponen yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sejarah dan perkembangan Museum Isdiman Palagan Ambarawa dibangun atas dasar penghormatan kepada Letkol Isdiman dan memiliki nilai sejarah dalam peristiwa Pertempuran Ambarawa, (2) kondisi dan pengelolaan benda-benda bersejarah di Museum Isdiman Palagan Ambarawa masih sebatas pengelolaan admintrasi yang masih sederhana, (3) pemanfaatan koleksi Museum Isdiman Palagan Ambarawa sebagai sumber dan media pembelajaran sejarah SMA Negeri 1 Ambarawa di sesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang tertera pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Koleksi yang ada di Museum Isdiman Palagan Ambarawa terdiri dari: Tugu Palagan Ambarawa, Diorama, Tank, Pesawat Mustang, Foto Tokoh, Truk Dodge, Persenjataan dsb. Guru sejarah dalam memanfaatkan Museum Isdiman Palagan Ambarawa sebagai sumber dan media pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ambarawa dihadapkan pada beberapa kendala. Kata kunci: Museum Isdiman Palagan Ambarawa, sumber belajar, media pembelajaran sejarah.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 11 Sep 2015 13:25
    Last Modified: 11 Sep 2015 13:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18669

    Actions (login required)

    View Item