DEVELOPING VIDEO-BASED SUPPLEMENTARY MATERIALS TO TEACH SPEAKING SKILL BASED ON CURRICULUM 2013 FOR THE SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 12 SURAKARTA

SURTIKANTI, MONIKA WIDYASTUTI (2015) DEVELOPING VIDEO-BASED SUPPLEMENTARY MATERIALS TO TEACH SPEAKING SKILL BASED ON CURRICULUM 2013 FOR THE SEVENTH GRADE OF SMP NEGERI 12 SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1560Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Monika Widyastuti Surtikanti. S891302031. “Pengembangan Materi Tambahan Berbasis Video untuk Mengajar Ketrampilan Berbicara Berdasarkan Kurikulum 2013 untuk Kelas VII SMP Negeri 12 Surakarta”. Pembimbing Pertama: Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed., Ph.D. Pembimbing Kedua: Dr. Ngadiso, M.Pd. Tesis: Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) menginvestigasi kualitas buku “When English Rings A Bell” untuk mengajar ketrampilan berbicara untuk kelas VII SMP, dan (2) mendeskripsikan pengembangan materi tambahan berbasis video untuk mengajar ketrampilan berbicara untuk kelas VII SMP Negeri 12 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian Riset dan Pengembangan. Ada dua tahapan yang digunakan dalam penelitian ini. Tahap pertama adalah eksplorasi yang terdiri dari analisis kebutuhan, studi pustaka, perencanaan prototype, dan validasi ahli. Sedangkan tahap kedua adalah pengembangan produk yang terdiri dari uji coba produk dan evaluasi. Berdasarkan analisis kebutuhan, buku “When English Rings A Bell” (WERB) memiliki banyak kelemahan terutama dalam mengajar ketrampilan berbicara. Materi dalam WERB masih terbatas. Para guru harus mencari materi tambahan dari sumber lain. Sebelum mengembangkan materi, peneliti mengevaluasi WERB dengan menggunakan kriteria materi ketrampilan berbicara yang baik yang di dapat dari berberapa literatur. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa WERB tidak mencerminkan langkah-langkah pembelajaran dalam pendekatan ilmiah. Selain itu, WERB tidak mengakomodasi salah satu indikator berbicara yaitu grammar. WERB tidak memiliki materi yang autentik untuk mengajar ketrampilan berbicara. Para siswa seharusnya diberi kesempatan untuk berdiskusi dan presentasi menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan analisis kebutuhan, peneliti membuat prototype materi tambahan berbasis video untuk mengajar ketrampilan berbicara berdasarkan Kurikulum 2013. Tahap pertama yaitu menganalisis KI dan KD dalam Kurikulum 2013. Kemudian, peneliti membuat indikator untuk mencari materi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran ketrampilan berbahasa. Kemudian prototype tadi divalidasi oleh ahli dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini dilakukan untuk mencari kelemahan prototype dan apakah sudah memenuhi kriteria materi ketrampilan berbicara yang baik berdasarkan Kurikulum 2013. Setelah mendapatkan umpan balik dari ahli, peneliti merevisi prototype. Materi tambahan tadi di ujicobakan hingga tiga kali hingga layak digunakan. Peneliti berharap agar materi tambahan berbasis video ini dapat membantu guru memberi materi tambahan untuk mengajar ketrampilan berbicara. Peneliti juga berharap agar motivasi siswa dan situasi kelas dapat meningkat berkat penggunaan materi tambahan ini. Kata Kunci: Berbasis Video, Materi Tambahan, Kurikulum 2013, Ketrampilan Berbicara

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 11 Sep 2015 12:20
    Last Modified: 11 Sep 2015 12:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18663

    Actions (login required)

    View Item