Hubungan Penerapan Standar Operasional Prosedur Sarung Tangan dengan Keluhan Iritasi Kulit Bagian Tangan Karena Asam Asetat di PT X Karanganyar

Fuad, Lu'luatul Fual (2015) Hubungan Penerapan Standar Operasional Prosedur Sarung Tangan dengan Keluhan Iritasi Kulit Bagian Tangan Karena Asam Asetat di PT X Karanganyar. Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (2058Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Lu’luatul Fuad, R.0210009, 2014. Hubungan Penerapan Standar Operasional Prosedur Sarung Tangan dengan Keluhan Iritasi Kulit Bagian Tangan Karena Asam Asetat di PT X Karanganyar. Skripsi. Diploma IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Latar Belakang : Dampak negatif dari bahan kimia yaitu Penyakit Akibat Kerja maupun Kecelakaan Akibat Kerja. PT X Karanganyar memproduksi bahan kimia berbahaya salah satunya yaitu Asam Asetat yang dapat menyebabkan keluhan iritasi kulit. Pekerjaan di filling logistik memiliki risiko terhadap terjadinya Penyakit Akibat Kerja khususnya penyakit yang berhubungan dengan kulit. Manajemen membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sarung tangan untuk pekerjaan di bagian filling logistik agar pekerja bisa bekerja dengan aman dan sehat. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan Standar Operasional Prosedur Sarung Tangan dengan Keluhan Iritasi Kulit Bagian Tangan Karena Asam Asetat di PT X Karanganyar. Metode : Penelitian menggunakan metode observasonal analitik dengan pendekatan Cross Sectional dan teknik purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 28 pekerja. Teknik pengumpulan data dengan pengisian kuesioner dan medical record. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji statistik chi square menggunakan program komputer SPSS versi 19. Hasil : Hasil analisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square didapatkan nilai (p value= 0.006) hal ini berarti hasilnya sangat signifikan karena p <0.01, sehingga dapat dikatakan ada hubungan antara penerapan Standar Operasional Prosedur Sarung Tangan dengan Keluhan Iritasi Kulit Bagian Tangan Karena Asam Asetat di PT X Karanganyar. Simpulan : Ada hubungan yang sangat signifikan antara penerapan Standar Operasional Prosedur Sarung Tangan dengan Keluhan Iritasi Kulit Bagian Tangan Karena Asam Asetat di PT X Karanganyar. Kata Kunci : Standar Operasional Prosedur, Sarung Tangan, dan Keluhan Iritasi Kulit, Asam Asetat.

    Item Type: Other
    Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
    Divisions: Fakultas Kedokteran
    Fakultas Kedokteran > D4 - Keselamatan Kerja
    Depositing User: Nadia Nur Fitriani
    Date Deposited: 11 Sep 2015 10:48
    Last Modified: 11 Sep 2015 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18650

    Actions (login required)

    View Item