PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN 2014).

Pambudi, Andani Putri (2014) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI DITINJAU SMA NEGERI 1 NGEMPLAK BOYOLALI TAHUN 2014). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (476Kb) | Preview

    Abstract

    penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi, 2) Perbedaan pengaruh antara siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dan siswa yang mempunyai minat belajar rendah terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi, dan 3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa tehadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 57 siswa, diantaranya kelas XI IPS 1 menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebanyak 29 siswa dan kelas XI IPS 4 menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket untuk variabel minat siswa dan tes untuk variabel hasil belajar akuntansi. Teknik analisis data menggunakan analisis Two-Way Anova atau analisis variansi dua jalur dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors Significance Correction dari Kolmogorov- Smirnow dan uji homogenitas dengan uji F Levene Statistic. Taraf signifikansi penelitian sebesar 0.05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap hasil belajar akuntansi (Fhitung= 18.205 > Ftabel= 4.08 dan p = 0.000; p < 0.05), (2) terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang mempunyai minat belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai minat belajar rendah terhadap hasil belajar akuntansi (Fhitung = 151.489 > Ftabel = 4.08 dan p = 0.000; p < 0.05), dan (3) terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akuntansi (Fhitung = 4.201 > Ftabel = 4.08 dan p = 0.045; p < 0.05). Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division), TGT (Team Games Tournament), Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Akuntansi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 11 Sep 2015 08:10
    Last Modified: 11 Sep 2015 08:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18640

    Actions (login required)

    View Item