PERBEDAAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

Devi, Amalina (2014) PERBEDAAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KIMIA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MATERI STOIKIOMETRI KELAS X MIA SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1292Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) perbedaan implementasi pembelajaran kimia model PBL materi stoikiometri kelas X MIA SMA Negeri di kota Surakarta dan (2) faktor-faktor yang menjadi penyebab perbedaan implementasi pembelajaran kimia model PBL materi stoikiometri kelas X MIA SMA Negeri di kota Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 6 SMA Negeri 1 Surakarta dan X MIA 5 SMA Negeri 5 Surakarta. Sumber data berasal dari guru, siswa, dokumen, observasi, dan angket. Analisis data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian adalah (1)terdapat perbedaan implementasi pembelajaran kimia materi stoikiometri dengan model PBL di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMa Negeri 5 Surakarta. Materi di SMA Negeri 1 Surakarta melibatkan fraksi mol, sedangkan SMA Negeri 5 tidak. Keterlibatan guru SMA Negeri 1 Surakarta dalam pelaksanaan model PBL fase 2 dan 4 sangat baik, sedangkan fase 1, 3, dan 5 baik. Keterlibatan guru SMA Negeri 5 Surakarta dalam pelaksanaan model PBL fase 4 dan 5 sangat baik, sedangkan fase 1, 2, dan 3 baik. Keterlibatan siswa SMA Negeri 1 Surakarta dalam fase 2 dan 5 sangat baik, sedangkan fase 1, 2 dan 4 baik. Keterlibatan siswa SMA Negeri 5 Surakarta fase 1, 2, dan 5 sangat baik, sedangkan fase 3 dan 4 baik. Media yang digunakan adalah LKS, modul dan buku, guru SMA Negeri 1 Surakarta menambah ppt materi stoikiometri sedangkan guru SMA Negeri 5 Surakarta tidak. Evaluasi hasil belajar SMA Negeri 1 Surakarta aspek pengetahuan 82,35%, sikap 84,71% dan keterampilan 65,78%. Sedangkan evaluasi hasil belajar SMA Negeri 5 Surakarta aspek pengetahuan 65,62%, sikap 84,65% dan keterampilan 70,73%. (2)Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan tersebut adalah faktor guru meliputi kompetensi guru dan pendekatan guru; faktor siswa meliputi perhatian, motivasi, kemampuan retensi dan kemampuan transfer siswa; faktor kelas meliputi aksesibilitas, mobilitas, interaksi dan variasi kerja; faktor media; dan faktor waktu. Kata kunci: implementasi, perbedaan, model PBL, materi stoikiometri, faktor.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 11 Sep 2015 07:29
    Last Modified: 11 Sep 2015 07:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18633

    Actions (login required)

    View Item