PERBANDINGAN PENYELESAIAN SISTEM BRUSSELATOR DENGAN METODE ITERASI VARIASIONAL DAN METODE ITERASI VARIASIONAL TERMODIFIKASI

DHARMASTUTI, FERIFIANTY MAYA (2015) PERBANDINGAN PENYELESAIAN SISTEM BRUSSELATOR DENGAN METODE ITERASI VARIASIONAL DAN METODE ITERASI VARIASIONAL TERMODIFIKASI. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (885Kb) | Preview

    Abstract

    Metode iterasi variasional dan metode iterasi variasional termodifikasi merupakan dua metode diantara metode-metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sistem persamaan diferensial. Metode iterasi variasional mempunyai karakteristik khusus yaitu adanya penentuan fungsi koreksi. Sedangkan metode iterasi varia- sional termodifikasi menggunakan transformasi x = P y untuk memperoleh fungsi koreksinya. Kedua metode tersebut dapat diterapkan dalam bidang kimia yaitu untuk penyelesaian sistem Brusselator. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa banyak iterasi yang diper- lukan untuk menyelesaikan sistem Brusselator dengan metode iterasi variasional dan metode iterasi variasional termodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode iterasi variasional dan metode iterasi variasional termodifikasi digunakan untuk menyelesaikan sistem Brussela- tor. Jumlah iterasi yang diperlukan metode iterasi variasional untuk mencapai konvergen lebih sedikit sehingga metode iterasi variasional lebih baik digunakan. Kata kunci: metode iterasi variasional, metode iterasi variasional termo- difikasi, sistem Brusselator, banyak iterasi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:27
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18631

    Actions (login required)

    View Item