THE IMPLEMENTATION OF TEACHING SPEAKING FOR STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT (A Descriptive-Qualitative Study at the Eleventh Grade of Senior High School Students of SLB-B YPPALB Magelang in the Academic Year of 2013/2014)

ANGGRAENI, MELINA (2015) THE IMPLEMENTATION OF TEACHING SPEAKING FOR STUDENTS WITH HEARING IMPAIRMENT (A Descriptive-Qualitative Study at the Eleventh Grade of Senior High School Students of SLB-B YPPALB Magelang in the Academic Year of 2013/2014). Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2104Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Melina Anggraeni. K2210050. PENERAPAN PENGAJARAN BERBICARA BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA TUNARUNGUWICARA (Studi Deskriptif Kualitatif-di Kelas XI SLB-B YPPALB Magelang di Tahun Akademik 2013/2014 dari). Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbicara Bahasa Inggris untuk siswa tunarungu-wicara di kelas XI SLB-B YPPALB Magelang, (2) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi selama proses tersebut dan (3) mengidentifikasi solusi dari guru mengenai masalah tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai Juli 2014 di SLB-B YPPALB Jalan Cemara Tujuh Magelang. Sumber data adalah kejadian, informan, dan dokumen. Data dikumpulkan melalui penggunaan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Proses belajar mengajar direkam dan ditranskrip. Data dianalisis menggunakan model interaktif teknik analisis data kualitatif (Miles dan Huberman) termasuk pengumpulan data, reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) guru telah menerapkan kegiatan awal, kegiatan utama, kegiatan pos dan evaluasi berdasarkan RPP yang dibuat meskipun guru terkadang masih menyesuaikan kondisi kelas , (2) Ada 3 jenis masalah yang dihadapi selama proses belajarmengajar yaitu masalah yang dihadapi siswa, masalah yang dihadapi guru dan masalah pada manajemen sekolah, (3) ada beberapa solusi yang diusulkan oleh guru untuk mengatasi masalah tersebut. Masalah siswa yang terjadi selama proses belajar-mengajar yaitu masalah pada kemampuan untuk memahami kalimat yang kompleks, pengucapan yang salah, siswa kesulitan dalam membuat kalimat yang kompleks, kesalahan pada struktur kalimat, kesulitan dalam mengucapkan beberapa suara khususnya yang membutuhkan getaran, siswa bingung untuk memahami tulisan-tulisan yang berbeda dan suara dalam bahasa Inggris, kemungkinan tingkat penurunan kemampuan pendengaran, siswa yang mudah bosan selama di kelas, kemampuan yang berbeda dan konsentrasi siswa dalam mengikuti kelas. Sementara masalah yang dihadapi guru adalah latar belakang guru bukan berasal dari program pendidikan bahasa Inggris dan guru menganggap dirinya sebagai seorang guru yang kurang kompeten karena itu. Masalah manajemen sekolah mencakup fasilitas yang disediakan oleh sekolah tidak memenuhi kebutuhan siswa, kurangnya buku pedoman yang tepat bagi guru dan siswa, kesulitan dalam menemukan materi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan siswa dan juga kurangnya alokasi waktu untuk kelas berbicara bahasa Inggris bagi siswa tunarungu wicara. Kata kunci: mengajar berbicara, bahasa Inggris, gangguan pendengaran, siswa.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    P Language and Literature > PR English literature
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Inggris - S2
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 11 Sep 2015 07:29
    Last Modified: 11 Sep 2015 07:29
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18630

    Actions (login required)

    View Item