PENINGKATAN PEMAHAMAN MAKNA TEMBANG MACAPAT MELALUI MEDIA DONGENG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PLERET KIDUL KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015

Rahmawati, Faninda Fitri (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN MAKNA TEMBANG MACAPAT MELALUI MEDIA DONGENG PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PLERET KIDUL KULON PROGO TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (626Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman makna Tembang Macapat melalui media dongeng pada siswa kelas IV SD Negeri Pleret Kidul Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pleret Kidul Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 25 siswa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel yang menjadi sasaran perbaikan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah pemahaman makna Tembang Macapat. Sedangkan variabel yang menjadi solusi perbaikan adalah dongeng. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif (Miles & Huberman), yang terdiri dari empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media dongeng dapat meningkatkan pemahaman makna Tembang Macapat pada siswa kelas IV SD Negeri Pleret Kidul Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari peningkatan jumlah siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (≥70) pada setiap siklus, yaitu persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus sebesar 40% meningkat menjadi 60% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 92%. Simpulan dari penelitian ini adalah media dongeng dapat meningkatkan pemahaman makna Tembang Macapat pada siswa kelas IV SD Negeri Pleret Kidul Kulon Progo tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Pemahaman makna Tembang Macapat, Tembang Gambuh, dongeng

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 11 Sep 2015 05:57
    Last Modified: 11 Sep 2015 05:57
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18624

    Actions (login required)

    View Item