ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DITINJAU DARI PELAYANAN (Studi Kasus pada SMK Negeri 1 Surakarta Tahun 2014)

Nugroho, Febriyanto Agung (2015) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN SISWA TERHADAP IMPLEMENTASI SISTEM MANAJEMEN MUTU DITINJAU DARI PELAYANAN (Studi Kasus pada SMK Negeri 1 Surakarta Tahun 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (302Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan sebagai hasil Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 yang telah dilaksanakan oleh SMK Negeri 1 Surakarta. (2) Menentukan atribut kualitas pelayanan pendidikan meliputi bukti fisik (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan empati (empathy) yang menjadi prioritas untuk ditingkatkan pihak SMK Negeri 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa dari kelas XI­XII di SMK Negeri 1 Surakarta pada tahun 2014 yang berjumlah 476 siswa. Pada penelitian ini, rumus Slovin digunakan dalam pengambilan sampel sehingga diperoleh sampel sebanyak 90 responden. Jumlah sampel setiap kelompok diambil dengan teknik teknik quota sampling, propotional sampling, dan random sampling. Try out yang dilakukan terhadap 30 responden di dalam populasi, dengan hasil valid dan reliabel. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Siswa belum merasa puas terhadap implementasi sistem manajemen mutu ditinjau dari kualitas pelayanan yang mencakup lima aspek yaitu: berwujud (tangible), keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy). Hal ini tercermin dari hasil analisis kesesuaian total antara tingkat kinerja dan tingkat harapan pelanggan dengan hasil sebesar 80,96%. (2) Berdasarkan analisis diagram kartesius terdapat 15 atribut kualitas pelayanan yang harus ditingkatkan oleh SMK Negeri 1 Surakarta agar kepuasan siswa meningkat, yaitu ruang kelas, business center, ruang perpustakaan, serta ruang UKS dinilai belum memadai; bahan ajar dan koleksi buku diperpustakaan dinilai kurang lengkap; peralatan praktik di laboratorium dinilai belum sesuai kebutuhan; alat peraga dalam proses pembelajaran dinilai kurang; masih kurangnya penggunaan model, metode, dan media pembelajaran yang menarik dalam proses pembelajaran; respon guru terhadap keluhan siswa dinilai kurang; karyawan tidak selalu siap diruangan; kemampuan penguasaan kelas oleh guru dinilai kurang; pengembangan bakat siswa diluar bidang akademik kurang difasilitasi sekolah; pemberian beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu dinilai kurang. Kata kunci: Kepuasan siswa, Kualitas pelayanan, Sistem Manajemen Mutu, Importance Performance Analysis (IPA)

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:25
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:25
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18623

    Actions (login required)

    View Item