Prosedur Penerimaan Dan Pengolahan Surat Pemberitahuan (Spt) Tahunan Pph Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Klaten

Pradata, Arif (2014) Prosedur Penerimaan Dan Pengolahan Surat Pemberitahuan (Spt) Tahunan Pph Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak (Kpp) Pratama Klaten. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1093Kb) | Preview

    Abstract

    Arif Pradata, D1511015, Prosedur Penerimaan dan Pengolahan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi di KPP Pratama Klaten, Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Administrasi, Program Diploma III, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret. Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan merupakan sarana bagi wajib pajak untuk melaporkan dan mempertanggung jawabkan perhitungan atau pembayaran pajaknya, harus diisi dengan benar, jelas dan lengkap. Oleh karena itu pengisian SPT tahunan ini disusun untuk memberikan pedoman yang baik kepada wajib pajak agar dapat mengisi SPT Tahunan dengan benar, lengkap dan jelas.. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penerimaan dan pengelolaan SPT Tahunan Pph orang pribadi di KPP Pratama Klaren. Surat Pemberitahuan (SPT) adalah surat yang digunakan oleh Wajib Pajak yang digunakan unuk melaporkan penghitungan dan/atau pembayaran pajak, objek pajak dan/atau bukan objek pajak, dan/atau harta dan kewajiban sesuai dengan ketentuan perutaran perundang-undangan perpajakan. Mengingat pentingnya melaporkan SPT dari Wajib Pajak sebagai sarana Wajib Pajak untuk melaporkan dan mempertanggung jawabkan perhitungan jumlah pajak yang sebenarnya terutang pembayaran atau pelunasan pajak yang telah dilaksanakan sendiri atau melalui pemotongan atau pemungutan pihak lain dalam satu Tahun Pajak atau masa Pajak Dalam pengamatan ini penulis mengambil lokasi di KPP Pratama Kabupaten Klaten. Jenis pengamatan ini bersifat “Deskriptif Kualitatif” yaitu menggambarkan relita yang ada tentang sifat-sifat individu dan memaparkan lokasi yang diamati . Sumber data yang penulis gunakan dalam Tugas Akhir ini adalah Narasumber, Peristiwa, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis adalah Wawancara, observasi dan pengolahan dokumen. Berdasarkan hasil pengamatan penulis menyimpulkan bahwa prosedur penerimaan dan pengolahan surat pemberitahuan(SPT) tahunan PPh orang pribadi sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tata cara pajak yang diterapkan di KPP Pratama Klaten, sedangkan dalam upaya penyuluhan tentang pajak harus lebih aktif sehingga wajib pajak patuh terhadap kewajibannya dalam pelaporan SPT sesuai dengan peraturan yang berlaku.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    J Political Science > JS Local government Municipal government
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 10 Sep 2015 21:00
    Last Modified: 10 Sep 2015 21:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18615

    Actions (login required)

    View Item