PENGARUHPENDEKATAN KETEPATAN DAN PENDEKATAN KECEPATAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BULUTANGKISPADA MAHASISWA PUTRA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENKEPOR JPOK FKIP UNS TAHUN AKADEMIK 2013 / 2014

PRASTIWI, MEGA DARMA (2015) PENGARUHPENDEKATAN KETEPATAN DAN PENDEKATAN KECEPATAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BULUTANGKISPADA MAHASISWA PUTRA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENKEPOR JPOK FKIP UNS TAHUN AKADEMIK 2013 / 2014. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (557Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Mega Darma Prastiwi. PENGARUH PENDEKATAN KETEPATAN DAN PENDEKATAN KECEPATAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BULUTANGKIS PADA MAHASISWA PUTRA SEMESTER IV PROGRAM STUDI PENKEPOR JPOK FKIP UNS TAHUN AKADEMIK 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan pukulan bulu tangkis pada mahasiswa putra semester IV Program Studi Penkepor JPOK FKIP UNS TahunAkademik 2013/2014 melalui pendekatan ketepatan dan pendekatan kecepatan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa putra semester IV Program Studi Penkepor JPOK FKIP UNS yang berjumlah 60 mahasiswa. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari tim pengajar dan mahasiswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan penilaian hasil belajar keterampilan pukulan bulutangkis. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pendekatan ketepatan dan pendekatan kecepatan dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan pukulan bulutangkis mahasiswa dari siklus I kesiklus II. Proses pembelajaran pada pratindakan tidak menggunakan pendekatan ketepatan dan pendekatan kecepatan untuk membantu mahasiswa dalam mempelajari gerakan keterampilan pukulan bulutangkis sehingga keterampilan pukulan bulutangkis mahasiswa masih rendah dan hasil belajar keterampilan pukulan bulutangkis mahasiswa kurang maksimal. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan metode pendekatan ketepatan, mahasiswa yang masuk dalam kriteria lulus 53,33%, pada siklus II mencapai 93,33%. Sedangkan pada siklus I dengan metode pendekatan kecepatan, mahasiswa yang masuk dalam kriteria lulus 53,33%, pada siklus II mencapai 86,67%. Simpulan penelitian ini adalah pendekatan ketepatan dan pendekatan kecepatan dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan pukulan bulutangkis pada mahasiswa putra semester IV Program Studi Penkepor JPOK FKIP UNS Tahun Akademik 2013/2014. Kata kunci: Ketepatan, Kecepatan, KeterampilanBulutangkis.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
    Depositing User: Afifah Shobrina
    Date Deposited: 10 Sep 2015 18:26
    Last Modified: 10 Sep 2015 18:26
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18603

    Actions (login required)

    View Item