MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KOOPERATIF ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C TINGKAT SD

PRABANINGRUM, ARDITA (2014) MODEL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS TERAPI BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU KOOPERATIF ANAK TUNA GRAHITA DI SLB C TINGKAT SD. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (490Kb) | Preview

    Abstract

    Latar Belakang: Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan pelajaran wajib di SDLB yang berfungsi sebagai wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Pendidikan IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Tujuan: (1) Mengetahui bagaimana pembelajaran IPA di SLB C Ponorogo tingkat SD saat ini. (2) Mengetahui bagaimana prosedur model pembelajaran IPA berbasis terapi bermain untuk anak SLB C tingkat SD. (3) Mengetahui efektifitas pembelajaran IPA berbasis terapi bermain terhadap peningkatan perilaku kooperatif. Metode: Jenis penelitian ini adalah pengembangan yang menggunakan metode eksperimen. Sample yang dipakai 10 siswa untuk uji terbatas, 21 siswa untuk uji luas dan 34 siswa untuk uji lapangan. Instrumen: Instrumen penelitian ini peneliti, kuisioner, pengembangan model pembelajaran. Analisis data menggunakan analisis deskripsi dan analisa menggunakan Wilcoxon test. Hasil: (1) Hasil belajar IPA mengalami peningkatan yang positif, siklus awal terbukti hasil belajar IPA berada pada kategori rendah, pada siklus terakhir berada pada kategori tinggi. (2) Model pembelajaran MATAHARI ini menitik beratkan pada harapan pada peserta didik agar memiliki penalaran secara ilmiah, mampu bersikap kooperatif, dan mampu melakukan komunikasi melalui kegiatan unjuk diri sehingga mampu mengimplementasikan beberapa nilai-nilai karakter diantaranya, saling menghargai, kreatif, memupuk rasa percaya diri. (3) Efektifitas model pembelajaran Matahari juga dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan pola perilaku kooperatif pada anak tuna grahita dan hasil belajar IPA. Kesimpulan: Model pembelajaran Matahari siswa mampu belajar IPA dengan baik, dan hasil kerjanya memenuhi kriteria penilaian IPA. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Terapi Bermain, Anak Tuna Grahita, Perilaku Kooperatif Anak.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: Q Science > QH Natural history
    R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Magister Kedokteran Keluarga
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 10 Sep 2015 16:53
    Last Modified: 10 Sep 2015 16:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18592

    Actions (login required)

    View Item