Pengaruh Penggunaan Elektroliser Dengan Variasi Diameter Kawat Tembaga Dan Variasi Larutan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Honda Supra-X 125d Tahun 2007

Pahlevianto, Anggar Dian (2014) Pengaruh Penggunaan Elektroliser Dengan Variasi Diameter Kawat Tembaga Dan Variasi Larutan Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Sepeda Motor Honda Supra-X 125d Tahun 2007. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (147Kb) | Preview

    Abstract

    Anggar Dian Pahlevianto. PENGARUH PENGGUNAAN ELEKTROLISER DENGAN VARIASI DIAMETER KAWAT TEMBAGA DAN VARIASI LARUTAN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA-X 125D TAHUN 2007. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2014. Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengetahui pengaruh penggunaan elektroliser dengan variasi diameter kawat tembaga terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007. (2) Mengetahui pengaruh penggunaan elektroliser dengan variasi larutan terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007. (3) Mengetahui interaksi dari penggunaan elektroliser dengan variasi diameter kawat tembaga pada dan variasi larutan terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel pada penelitian ini menggunakan sepeda motor Honda Supra- X 125D tahun 2007 dengan nomor mesin JB51E2015321. Penelitian ini dilakukan dengan uji jalan di Km 3 – 7 Jln. Prambanan – Piyungan, Yogyakarta. Sesuai dengan SNI Pengukuran Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor Kategori M1 dan N1, 2010. Data diperoleh dari besarnya konsumsi bahan bakar sepeda motor dengan penambahan tabung elektroliser menggunakan variasi diameter kawat tembaga dan variasi larutan. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel, dan ditampilkan dalam bentuk diagram batang, kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh penggunaan elektroliser dengan variasi diameter kawat tembaga terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, konsumsi bahan bakar akan lebih hemat ketika menggunakan elektroliser dengan diameter kawat tembaga yang lebih kecil. (2) Ada pengaruh penggunaan elektroliser dengan variasi larutan terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, konsumsi bahan bakar akan lebih hemat ketika menggunakan elektroliser dengan larutan yang bersifat basa kuat dibanding dengan larutan yang bersifat netral. (3) Ada interaksi dari penggunaan elektroliser dengan variasi diameter kawat tembaga dan variasi larutan terhadap konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007. Hal ini ditunjukkan saat menggunakan elektroliser dengan diameter kawat tembaga 1,5 mm dan menggunakan larutan KOH konsumsi bahan bakarnya akan lebih hemat. Konsumsi bahan bakar akan lebih hemat 0,0035 liter/km atau 18,81% dibanding kondisi standar. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan elektroliser dengan variasi diameter kawat tembaga dan variasi larutan mampu menghemat konsumsi bahan bakar sepeda motor Honda Supra-X 125D tahun 2007.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 10 Sep 2015 16:13
    Last Modified: 10 Sep 2015 16:13
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18578

    Actions (login required)

    View Item