TEKNIK DISKUSI BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF ANTAR SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015

KURNIASIH, RANI (2014) TEKNIK DISKUSI BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF ANTAR SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs NEGERI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (600Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan Penelitian ini adalah Untuk meningkatkan perilaku asertif antar sebaya peserta didik kelas VIII MTs Negeri Karanganyar tahun ajaran 2014/2015 melalui teknik diskusi buzz group. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTs Negeri Karanganyar yang berjumlah 12 orang. Sumber data berasal dari guru BK , guru mata pelajaran dan Peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan angket dan observasi. Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis persentase dari D.L Godwin dan T. J Coates dan analisis klinis. Tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik diskusi buzz group yaitu pemberian layanan bimbingan kelompok kecil yang dilaksanakan dengan mendiskusikan sebuah tema yang berkaitan dengan perilaku asertif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik diskusi buzz group dapat meningkatkan perilaku asertif antar sebaya dari pra tindakan ke tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Peningkatan yang terjadi pada siklus I sebesar 30,8% menunjukan hasil belum signifikan karena dibawah indikator keberhasilan 50%. Pada siklus II menunjukan peningkatan sebesar 55,59%, hasil tersebut dapat dimaknai bahwa teknik diskusi buzz group efektif untuk meningkatan perilaku asertif antar sebaya. Kata Kunci : Teknik Diskusi Buzz Group, Perilaku Asertif Antar Sebaya, Peserta Didik

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 10 Sep 2015 16:00
    Last Modified: 10 Sep 2015 16:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18572

    Actions (login required)

    View Item