PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PROBLEM POSING DAN RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014

PRIHANTORO, AJI SASONGKO (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE PROBLEM POSING DAN RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMA N 1 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (625Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi melalui penerapan pembelajaran kooperatif metode problem posing dan resitasi siswa kelas XI IPS 1 SMA N 1 Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa XI IPS 1 SMA N 1 Boyolali tahun ajaran 20013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (a) observasi, (b) wawancara, (c) tes, dan (d) dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data atau sumber. Validitas tes menggunakan validitas isi. Analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis kritis, sedangkan untuk data kuantitatif dianalisis secara statistik deskriptif komparatif. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan penerapan pembelajaran kooperatif metode problem posing dan resitasi dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Boyolali tahun ajaran 2013/2014. Hal itu terbukti pada siklus I sampai siklus II prestasi belajar siswa meningkat, baik dari segi partisipasi keaktifan bertanya dan menjawab pertanyaan, partisipasi interaksi siswa dalam kelompok saat berdiskusi, dan pengetahuan siswa tentang akuntansi. Peningkatan keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan selama proses pembelajaran sebesar 18,75%, yaitu dari 62,50% pada siklus I menjadi 81,25% pada siklus II. Selain itu partisipasi interaksi siswa dalam kelompoknya saat berdiskusi juga mengalami peningkatan sebesar 18,75%, yaitu dari 68,75% pada siklus I, menjadi 87,50% pada siklus II.Sedangkan ditinjau dari segi pengetahuan siswa terhadap materi pelajaran akuntansi, siswa mampu memahami dan menguasai materi tersebut dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa terhadap evaluasi yang diberikan mengalami peningkatan sebanyak 18,76%, yaitu dari 71,87% pada siklus I, menjadi 90,63% pada siklus II. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, problem posing, resitasi, prestasi belajar akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Maharani Angel Ein Suryono
    Date Deposited: 10 Sep 2015 10:48
    Last Modified: 10 Sep 2015 10:48
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18559

    Actions (login required)

    View Item