UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIGEDANG KEJAJAR WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Hajaroh, Siti (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIGEDANG KEJAJAR WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (411Kb) | Preview

    Abstract

    Siti Hajaroh. “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN PENDEKATAN BERMAIN DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SIGEDANG KEJAJAR WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014“. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menendang bola menggunakan pendekatan bermain dalam permainan sepak bola pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sigedang Kejajar Wonosobo tahun pelajaran 2013 / 2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 1 Sigedang Kejajar Wonosobo yang berjumlah 20 orang siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, pembelajaran, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis kritis. Prosedur penelitian adalah model sepiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dalam belajar menendang bola dalam permainan sepak bola dapat meningkatkan hasil belajar menendang bola siswa dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Proses pembelajaran pada pra siklus tanpa pendekatan bermain sebagai metode dalam pembelajaran antusiasme dan per hatian siswa rendah sehingga siswa yang tuntas belajarnya hanya 5 orang siswa ( 25% ). Peningkatan terjadi pada siklus I walaupun belum optimal yaitu 11 orang siswa ( 55% ) tuntas. Pelaksanaan siklus II menyebabkan aktifitas pembelajaran siswa lebih baik dan hasil belajar siswa meningkat menjadi tinggi yaitu 17 ( 85 % ) siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal, hal ini membuktikan bahwa pendekatan bermain dalam pembelajara sepak bola bisa menjadikan proses pembelajaran lebih berkualitas. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar menendang bola dalam permainan sepak bola pada siswa IV SD Negeri 1 Sigedang, Kejajar, Wonosobo, Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata kunci : pendekatan, bermain, meningkatkan, hasil belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 10 Sep 2015 02:53
    Last Modified: 10 Sep 2015 02:53
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18550

    Actions (login required)

    View Item