Hubungan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga, Motivasi Belajar, Kedisiplinan dan Tanggung Jawab dengan Prestasi Belajar Olahraga Siswa SMAN 1 Grobogan

Soetrisno, (2015) Hubungan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga, Motivasi Belajar, Kedisiplinan dan Tanggung Jawab dengan Prestasi Belajar Olahraga Siswa SMAN 1 Grobogan. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (787Kb) | Preview

    Abstract

    Soetrisno. A121308037. 2015.Hubungan Keaktifan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga, Motivasi Belajar, Kedisiplinan dan Tanggung Jawab dengan Prestasi Belajar Olahraga Siswa SMAN 1 Grobogan. Tesis.Pembimbing I: Prof. Dr. Kiyatno, dr., M.Or, PFK, AIFO. II: Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd. Surakarta: Program PascasarjanaIlmuKeolahragaanUniversitasSebelasMaret Surakarta. Penelitianinibertujuanuntuk (1) Hubungan yang positip keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olaharaga dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (2) Hubungan yang positif motivasi belajar dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (3) Hubungan yang positif kedisiplinan dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (4) Hubungan yang positif tanggung jawab dengan prestasi belajar olahraga dan besar hubungannya; (5) Hubungan secara bersama-sama antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler olahraga, motivasi belajar, kedisiplinan dan tanggung jawab dengan prestasi belajar olahraga. Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifkoresional.Pengumpulan data menggunakanjenis instrument, penyususnankuesioner, penyusunanpedomanwawancara fan dokumentasi. Analisis data menggunakanujiprasyaratanalisis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan MIA di SMA N I Grobogan yang berjumlah 112 siswa.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Purposive secara random (Purposive random sampling), besar sampel sebanyak 84 siswa yang berasal dari jumlah populasi sebesar 112 siswa. Dengan cara : a. Menetapkan populasi, yaitu jumlah siswa disetiap kelas yang menjadi subyek penelitian dengan jumlah 112 siswa kelas XI Jurusan MIA. b. Menetapkan sampel berdasarkan Tabel Krejcie. c.Menentukan sampel secara seimbang digunakan purposive random sampling.Variabel yang diteliti yaitu variabel bebasnya terdiri dari empat faktor yaitu : keaktifan, motivasi belajar, kedisiplinan,tanggung jawab. Variabel terikatnya yaitu : prestasi bealajar. Teknik pengumpulan data menggunakan alat pengumpul data yang disebut instrumen penelitian.Penyusunanya menggunakan alat instrumen yang berbentuk kuesioner yang berisi butir-butir pertanyaan , selain menggunakan instrumen angket penelitian mengadakan wawancara dan dokumentasikan, kemudian di uji dengan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitianmenunjukkan: (1) Pengujianhipotesispenelitianmenunjukkanterdapathubunganpositifdansignifikana ntarakeaktifansiswadalamkegiatanekstrakurikulerolahragadenganprestasibelajarol ahragasiswakelas XI padajurusanMIA di SMAN 1 Grobogan, artinyasemakintinggitingkatkeaktifansiswadalamkegiatanekstrakurikulerolahraga makasemakintinggi pula prestasibelajarolahraga, demikian pula sebaliknyasemakinrendahtingkatkeaktifansiswadalamkegiatanekstrakurikulerolahr agamakasemakinrendah pula prestasibelajarolahraga. (2) Pengujianhipotesismenunjukkanterdapathubunganpositifdansignifikanantaramotiv xvii asibelajardenganprestasibelajarolahragasiswakelas XI padajurusanMIA di SMAN 1 Grobogan, artinyasemakintinggimotivasibelajarolahragamakasemakintinggi pula prestasibelajarolahraga, demikian pula sebaliknyasemakinrendahmotivasibelajarolahragamakasemakinrendah pula prestasibelajarolahraga. (3) Pengujianhipotesispenelitianmenunjukkanterdapathubunganpositifdansignifikana ntarakedisiplinanolahragadenganprestasibelajarolahragasiswakelas XI padajurusanMIA di SMAN 1 Grobogan, artinyasemakintinggikedisiplinansiswamakasemakintinggi pula prestasibelajarolahraga, demikian pula sebaliknyasemakinrendahkedisiplinansiswamakasemakinrendah pula prestasibelajarolahraga. (4) Pengujianhipotesispenelitianmenunjukkanterdapathubunganpositifdansignifikana ntaratanggungjawabdenganprestasibelajarolahragasiswakelas XI padajurusanMIA di SMAN 1 Grobogan,artinyasemakintinggitanggungjawabsiswamakasemakintinggi pula prestasibelajarolahraga, demikian pula sebaliknyasemakinrendahtanggungjawabsiswamakasemakinrendah pula prestasibelajarolahraga Kata Kunci:HubunganKeaktifan, Ekstrakulikuler, MotivasiBelajar, Kedisiplinan, TanggungJawa

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Gunasih gunasih
    Date Deposited: 10 Sep 2015 01:04
    Last Modified: 10 Sep 2015 01:05
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18534

    Actions (login required)

    View Item