STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BUZZ GROUP DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DILIHAT DARI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014

NAWANGWULAN, RAHMAWATI (2014) STUDI KOMPARATIF MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BUZZ GROUP DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY DILIHAT DARI PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (689Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan dalam pencapaian prestasi belajar antara pembelajaran yang menggunakan teknik buzz groupdengan pembelajaran yang menggunakan teknik two stay two stray. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pr . Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat analisis mean matching, varian matching, t-matching. Uji hipotesis menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan antara prestasi belajar akuntansi siswa dengan model pembelajaran teknik buzz group dan teknik two stay two stray yang dibuktikan dengan uji t memperoleh nilai thitung sebesar 2,351 pada taraf signifikan 5% dan df = 16 dan nilai ttabel sebesar 2,120, maka thitung> ttabel. Nilai rata-rata dan koefisien variansi prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran teknik buzz group sebesar 75 dan 15,6%, sedangkan dengan model pembelajaran teknik two stay two stray sebesar 66,67 dan 17,6%, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan teknik buzz group lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan teknik two stay two stray. Kata kunci: pembelajaran kooperatif, teknik buzz group, teknik two stay two stray, prestasi belajar akuntansi.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 09 Sep 2015 23:20
    Last Modified: 09 Sep 2015 23:20
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18528

    Actions (login required)

    View Item