PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUALMELALUI METODE INQUIRY-DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFITERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa KelasXI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015)

Rosita, Laili (2015) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUALMELALUI METODE INQUIRY-DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFITERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa KelasXI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (802Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual melalui metode inquiry-discoverydan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung, (2) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual melalui metode inquiry-discoverydan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional terhadap sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Penelitian yang dilaksanakan merupakan jenis penelitian eksperimentalsemu (Quasi Experimental) dengan rancangan pre test dan posttest design yang melibatkan dua kelompok yaitu, satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Perintis 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 229 siswa dengan. Sampel penelitian sebanyak satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol.Instrumen atau alat yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes untuk mengukur hasil belajar dan teknik angket dengan skala Likert untuk mengukur sikap peduli lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah anava dua jalan sel tak sama dan uji lanjut pasca anava. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji Liliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pendekatan pembelajaran kontekstual melalui metode pembelajaran inquiry-discovery pada pembelajaran geografi berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar geografi pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung, (2) Pendekatan pembelajaran kontekstual melalui metode pembelajaran inquiry--discovery pada pembelajaran geografi berpengaruh terhadap peningkatan sikap peduli lingkungan pada siswa kelas XI IPS di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Kata kunci :Metode Inquiri-Discovery, Hasil Belajar, Sikap Peduli Lingkungan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 09 Sep 2015 23:04
    Last Modified: 09 Sep 2015 23:04
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18525

    Actions (login required)

    View Item