BIMBINGAN KELOMPOKDENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 MATESIH TAHUN AJARAN 2013/2014

Zaqiyah, Zaqiyah (2014) BIMBINGAN KELOMPOKDENGAN TEKNIK PERMAINAN SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 MATESIH TAHUN AJARAN 2013/2014. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (305Kb) | Preview

    Abstract

    Rahmatuz Zaqiyah. “Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Matesih Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Juli 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifanbimbingan kelompok denganteknik permainan simulasi untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas VII SMPN 1 Matesih tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Quasi Experimental Non Equivalent Control Group Design, yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelompok yang masing-masing bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan pemberian pretest pada kedua kelompok, pemberian perlakuan pada kelompok eksperimen, dan diakhiri dengan pemberian posttest pada kedua kelompok sehingga dapat dibandingkan hasil dari kedua kelompok. Perlakuan berupa pemberian bimbingan kelompok dengan permainan simulasi yang dilaksanakan tiga kali pertemuan. Subjek adalah peserta didik kelas VIISMPN 1 Matesih yang memiliki keterampilan sosial rendah, pengambilan subjek menggunakan teknik purposivesampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan kriteria r hitung > r tabel. Hasil uji validitas angket menunjuk bahwa terdapat 50 item yang valid. Analisis data menggunakan aplikasi SPSS Statistics 16.0 dengan teknik Independent Samples T Test. Berdasarkan hasil analisis data antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dapat diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasi efektif untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik.Hal ini terbukti dari nilai thitung sebesar 3,286> ttabel sebesar 2,080 dengan nilai signifikansisebesar 0,002< 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian maka hipotesis dalam penelitian ini diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan peningkatan keterampilan sosial antara kelompok eksperimen yang diberikan treatment dan kelompok kontrol yang tidak diberikan treatment. Simpulan penelitian ini adalah bimbingan kelompok dengan teknik permainan simulasiefektif untuk meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas VII SMPN 1 Matesih tahun 2013/2014. Kata kunci :bimbingan kelompok,permainan simulasi, keterampilan sosial

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 09 Sep 2015 23:00
    Last Modified: 09 Sep 2015 23:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18524

    Actions (login required)

    View Item