Peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta dalam Mengembangkan Sentra Industri Kecil Sangkar Burung Ngampon Mojosongo (STUDI KASUS: SENTRA INDUSTRI KECIL SANGKAR BURUNG NGAMPON)

Utomo, Kristiawan (2015) Peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta dalam Mengembangkan Sentra Industri Kecil Sangkar Burung Ngampon Mojosongo (STUDI KASUS: SENTRA INDUSTRI KECIL SANGKAR BURUNG NGAMPON). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (969Kb) | Preview

    Abstract

    Perkembangan IKM (Industri Kecil Menengah) di kota Surakarta memberikan kemajuan ekonomi dan berpengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat. Keberadaan IKM berpengaruh positif bagi perekonomian daerah perlu mendapat perhatian khusus dan dukungan dari pemerintah agar IKM yang memiliki potensi tinggi dapat berkembang. Kelurahan Mojosongo mempunyai produk unggulan industri kecil yakni kerajinan sangkar burung yang telah berlangsung lama. Sangkar burung Ngampon Mojosongo memiliki motif yang khas dan berbeda dari wilayah Surakarta lainnya. Adanya Indusri kecil Sangkar Burung Ngampon Mojosongo ini tidak banyak berarti apabila tidak mengikuti perkembangan pasar yang terus berubah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang lebih mendalam mengenai peranan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta dalam mengembangkan Sentra Industri Kecil sangkar burung Ngampon. Metode penelitian yang di gunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta pencatatan dokumen. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk menguji validitas data menggunakan teknik triangulasi data untuk kemudian di lakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan yang di lakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Surakarta dalam mengembangkan industri kecil kerajinan sangkar burung Ngampon antara lain: Peranan sebagai katalisator, peranan sebagai moderator, peranan sebagai dinamisator, peranan sebagai modernisator, peranan sebagai inovator serta peranan sebagai stabilisator bagi IKM. Peranan tersebut dilakukan dalam bentuk meningkatkan upaya promosi, meningkatkan wawasan kewirausahaan, meningkatkan ketrampilan sumber daya manusia, pemberian bantuan peralatan, menjalin kerja sama pengembangan serta mempersiapkan pengusaha. Sehingga dampak dari hal tersebut Sentra Industri kecil sangkar burung Ngampon saat ini sudah berkembang serta menunjukkan perubahan yang signifikan. Hal ini di buktikan dengan bertambahnya jumlah pengusaha sangkar burung serta pengrajin sangkar. Kata kunci : Peranan, Pengembangan, Industri Kecil Menengah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 09 Sep 2015 22:43
    Last Modified: 09 Sep 2015 22:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18519

    Actions (login required)

    View Item