PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN DAN PEMBIAYAAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2013)

PRAMUDITA, RAHAJENG SEKAR (2015) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN DAN PEMBIAYAAN PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012 - 2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img] PDF - Published Version
Download (679Kb)

    Abstract

    Penerapan Corporate Governance telah menjadi isu penting dalam perusahaan untuk membangun hubungan antara pemilik atau kreditur dan manajemen perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mekanisme tata kelola perusahaan terhadap isu-isu penting didalam perusahaan seperti efektivitas manajemen dan keputusan akan pembiayaan perusahaan. Mekanisme Corporate Governance yang digunakan dalam penelitian ini adalah mekanisme kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan proporsi komisaris independen. Penelitian ini merupakan pengujian hipotesis antar variabel independen terhadap variabel dependen. Untuk teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 135 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2013. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif, yang bertujuan untuk memperoleh gambaran objek penelitian. Metode selanjutnya menggunakan uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap return on equity yang merupakan proksi dari efektivitas manajemen. Adapun untuk variabel kepemilikan institusional dan proporsi komisaris independen tidak berpengaruh terhadap efektivitas manajemen. Hasil pengujian kedua untuk variabel pembiayaan perusahaan yang diproksikan melalui debt equity ratio menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dan komisaris independen berpengaruh positif terhadap pembiayaan perusahaan. Kepemilikan institusional dalam pengujian kedua juga tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan pembiayaan perusahaan. Kata Kunci : Mekanisme Corporate Governance, efektivitas manajemen, dan pembiayaan perusahaan

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Akuntansi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 09 Sep 2015 22:15
    Last Modified: 09 Sep 2015 22:15
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18512

    Actions (login required)

    View Item