PERAN KOMUNIKATOR DALAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA (Studi Kasus Peran Pengelola Program Budaya Tulis di Dusun Polaman, Desa Triwidadi, Bantul, DIY)

Febriana, Kharima (2015) PERAN KOMUNIKATOR DALAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA (Studi Kasus Peran Pengelola Program Budaya Tulis di Dusun Polaman, Desa Triwidadi, Bantul, DIY). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (859Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini membahas tentang peran komunikator dalam membangun komunikasi yang efektif untuk mengatasi buta aksara, peran komunikator mendorong partisipasi warga untuk mengatasi buta aksara, dan fungsi media komunitas dalam pemberantasan buta aksara di dusun Polaman, desa Triwidadi, Bantul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tindakan komunikatif yang digagas oleh Jurgen Habermas, teori penetrasi sosial yang digagas oleh Irwin Altman dan Dalmas Taylor, serta message desain logic yang digagas oleh Barbara O‟Keefe. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Untuk pengumpulan data digunakan tiga metode, yakni observasi langsung, wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil penelitian: (a) Peran komunikator dalam membangun komunikasi interpersonal secara efektif, diawali dengan peran komunikator sebagai perencana dalam aktivitas pengamatan/melihat, mendengar, dan merasakan dalam suasana kekeluargaan, kesetaraan, dan kedaerahan yang teraplikasikan dalam kelompok kegiatan belajar mengajar, merupakan wujud nyata dari komunikasi yang berjalan efektif. (b) Peran komunikator sebagai pelaksana dalam mendorong partisipasi peserta yakni : Perannya sebagai motivator dengan memberikan waktu, tenaga dan fikiran. Serta perannya sebagai fasilitator dengan menyediakan balai SAPA dan menyediakan media komunitas koran ibu lestari. Media komunitas koran ibu lestari yang memiliki prinsip “dari, oleh, dan untuk” peserta, sehingga peserta terlibat langsung dari mulai penulisan rubrik hingga diperuntukan bagi peserta. Hal ini menjadikan peserta ikut berpartisipasi dalam pemberantasan buta aksara. (c) Fungsi media komunitas bagi peserta yang aktif dalam mengisi rubrik dapat membaca dan menulis. Namun bagi peserta yang tidak aktif dalam mengisi rubrik tidak dapat lancar membaca dan menulis. Kata Kunci : Peran, Komunikator, Komunikasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister
    Depositing User: Rizqy Pratama Putra
    Date Deposited: 09 Sep 2015 22:12
    Last Modified: 09 Sep 2015 22:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18511

    Actions (login required)

    View Item