KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA ANAK KECIL-KECIL PUNYA KARYA (KKPK) KARYA WANDA AMYRA MAYSHARA, DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Tyastiti, Nita Wahyu (2015) KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA ANAK KECIL-KECIL PUNYA KARYA (KKPK) KARYA WANDA AMYRA MAYSHARA, DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1470Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan (1) struktur cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara; (2) penggambaran psikologi tokoh utama cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara; (3) nilai pendidikan karakter cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara; (4) re levansi cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian ini mer upaka n p e n e l it ia n deskript i f kualitatif dengan content analysis (analisis isi). Pendekatan yang digunakan adalah psikologi sastra . Sumber data dalam penelitian ini adalah: (1) teks, cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara, (2) catatan lapangan yang terdiri atas dua bagian, yaitu bagian deskripsi dan bagian refleksi, (3) buku- buku lain yang relevan, (4) informan. Teknik pengump ulan data dengan telaah dan wawancara. Sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Va l i ditas data dengan triangulasi teor i da n sumber. T eknik ana l i sis da ta dengan a n a l i s is interakti f. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan seba gai berikut. Tema dalam cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara terdiri atas sepuluh tema di antaranya memprioritaskan waktu, kepedulian, persahabatan, kegigihan, kreativitas, selalu ingin bersaing, kemandirian, keinginan menjadi penulis, percaya diri, dan keinginan berlibur ke Desa Sentanu . Latar yang digunakan adalah lingkungan yang terdekat dengan aktivitas anak, seperti rumah, sekolah, ruang kelas dan Hutan Sentanu. Keseluruhan tokoh dalam cerita berwujud manusia menggunakan sudut pandang orang ketiga. Psikologi tokoh utama digambarkan dengan psikologi perkembangan kognitif Jean Piaget bahwa tokoh utama berusia 7- 11 tahun memasuki masa operasional konkret. Pemikiran terus berkembang dalam menghadapi masalah dan mencari cara pemecahannya. Berdasarkan aspek psikologi kepribadian Abraham Maslow, tokoh utama menunjukkan 5 aspek kebutuhan, yaitu kebutuhan fisiologi, keb utuhan keamanan, kebutuhan dicintai dan memiliki, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan aktualisasi diri. Cerita anak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara mengandung 12 nilai pendidikan karakter antara lain: re l igius, to lera nsi, kerja keras, krea t i f, rasa ingin tahu, c i nta ta n a h a ir, mengh a rg a i p restasi , bersa h abat /komunikat i f, peduli sos ia l, peduli lingkungan, mandiri, dan gemar membaca. Cerita a nak KKPK karya Wanda Amyra Mayshara memiliki relevansi dengan pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kata kunci: KKPK, psikologi sastra, pendidikan karakter, bahan ajar

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
    L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 09 Sep 2015 19:45
    Last Modified: 09 Sep 2015 19:45
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18495

    Actions (login required)

    View Item