PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF MAHASISWI UNIVERSITAS SEBELAS MARET TERHADAP NIAT BELI PRODUK FACIAL FOAM

Sutarni, Nanik (2015) PENGARUH SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF MAHASISWI UNIVERSITAS SEBELAS MARET TERHADAP NIAT BELI PRODUK FACIAL FOAM. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (353Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya persaingan industri di bidang kesehatan dan kecantikan khususnya produk facial foam. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh sikap dan norma subjektif mahasiswi Universitas Sebelas Maret terhadap niat beli produk facial foam di lingkungan kampus baik secara individual maupun bersama-sama. Sikap dan norma subjektif merupakan faktor utama yang membentuk niat untuk melakukan perilaku. Sampel yang digunakan adalah mahasiswi yang telah atau sedang menggunakan produk facial foam dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Judgemental Sampling. Penelitian ini termasuk penelitian non eksperimental bersifat deskriptif dengan metode survei. Analisis data yang dilakukan adalah uji instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas, dan uji regresi berganda yaitu uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil uji menunjukkan, nilai normalitas sebesar 0,379 > 0,05 artinya data terdistribusi normal, nilai tolerance uji multikolinieritas 0,981 > 0,1 dan nilai VIF (Variance Inflation Factor) 1,020 < 10 serta koefisien korelasi 0,139 < 0,8 artinya tidak terjadi multikolinearitas, nilai signifikansi uji heteroskedastisitas sikap 0,168 > 0,05 dan norma subjektif 0,566 > 0,05 artinya tidak terjadi heteroskedastisitas. Sikap secara individual berpengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai t hitung sebesar 3,3% dan norma subjektif secara individual berpengaruh positif terhadap niat beli dengan nilai t hitung sebesar 5,7% sedangkan secara bersama -sama nilai F hitung sebesar 25,3%. Nilai R2 sebesar 29,5% artinya niat beli dapat dijelaska n oleh sikap dan norma subjektif, sisanya dijelaskan oleh variabel diluar penelitian. Kata kunci : Sikap, Norma Subjektif, Niat Beli dan Facial Foam.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
    Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > D3 - Farmasi
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 09 Sep 2015 19:07
    Last Modified: 09 Sep 2015 19:07
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18489

    Actions (login required)

    View Item