PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DRAMA DENGAN METODE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XI FARMASI 1 SMK NEGERI 1 SAWIT

Siregar, Mustika Wati (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DRAMA DENGAN METODE STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS XI FARMASI 1 SMK NEGERI 1 SAWIT. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (335Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk; (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis drama dan (2) meningkatkan keterampilan menulis drama dengan metode student fasilitator and explaining pada siswa kelas XI Farmasi 1 SMK Negeri 1 Sawit. Penelitian dilaksanakan pada awal Maret 2015 hingga April 2015. Subjek Penelitian adalah guru dan siswa kelas XI Farmasi 1 SMK Negeri 1 Sawit. Data berupa RPP, foto, hasil tes, catatan lapangan, daftar nilai dan catatan hasil wawancara. Sumber data meliputi; informan, tempat dan proses pembelajaran, dan dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan teknik analisis kritis dan teknik deskriptif komparatif. Indikator ketercapaian sebesar 80%. Prosedur penelitian meliputi persiapan, survei awal, pelaksanaan siklus, pengamatan, dan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode student fasilitator and explaining mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis drama siswa ditandai dengan meningkatkanya perhatian, keaktifan, dan keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode student fasilitator and explaining dapat meningkatkan keterampilan menulis drama siswa kelas XI Farmasi 1 SMK Negeri 1 Sawit. Hal ini dapat dilihat dari hasil tindakan yang dilaksanakan selama tiga siklus. Pratindakan, jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (78) 1 siswa (3,22%) dengan nilai rata-rata 40. Siklus 1, siswa yang tuntas meningkat menjadi 16 siswa (46,67%) dengan nilai rata-rata 77,60. Siklus 2, siswa yang mencapai KKM sebanyak 21 siswa (67,74%) dengan nilai rata-rata 82,62. Siklus 3, siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 siswa (83,87%) dengan nilai rata-rata 86,74. Siklus 3 ini pencapaian nilai baik secara kualitas proses maupun hasil telah mencapai ketuntasan yang lebih baik dari 80%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis drama dengan metode Student Fasilitator and Explaining dapat meningkatkan kualitas proses maupun keterampilan menulis siswa. Kata kunci : menulis drama, Student Fasilitator and Explaining, penilaian proses, dan kemampuan.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
    Divisions: Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Bahasa Indonesia - S2
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 09 Sep 2015 18:42
    Last Modified: 09 Sep 2015 18:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18482

    Actions (login required)

    View Item