PROSEDUR PENGGAJIAN PEGAWAI KONTRAK SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURAKARTA

AJI, PUNGKAS PUTRI (2015) PROSEDUR PENGGAJIAN PEGAWAI KONTRAK SEKRETARIAT DAERAH KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (665Kb) | Preview

    Abstract

    Pegawai kontrak adalah pegawai yang bekerja pada suatu instansi dengan kerja waktu tertentu yang didasari atas suatu perjanjian atau kontrak dapat juga disebut dengan perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT), yaitu perjanjian kerja yang didasarkan suatu jangka waktu yang diadakan untuk paling lama 2 tahun dan hanya dapat diperpanjang 1 kali untuk jangka waktu maksimal 1 tahun. Dalam kaitannya hal tersebut instansi pemerintah juga memerlukan pegawai kontrak seperti pada Sekretariat Daerah Kota Surakarta. Oleh karena itu penggajian pegawai kontrak juga sangat penting. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur penggajian pegawai kontrak Sekretariat Daerah Kota Surakarta. Dalam pengamatan dipilih lokasi di Bagian Organisasi dan Kepegawaian Sekretariat Daerah Kota Surakarta. Jenis pengamatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, tentang data yang dikumpulkan dan dinyatakan dalam bentuk kata-kata dan gambar yang disusun dalam kalimat. Sumber data diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan informan, menyaksikan sendiri secara langsung dan data yang berhubungan dengan penggajian pegawai kontrak Sekretariat Daerah kota Surakarta. Teknik pengumpulan data berupa sajian data yang merupakan deskripsi dalam bentuk narasi. Dari hasil pengamatan yang dilakukan dapat diketahui bahwa penentu besar kecilnya gaji pegawai kontrak Setda Kota Surakarta adalah berdasarkan sistem waktu. Selain itu presensi juga mempengaruhi besarnya gaji pegawai kontrak, karena dari data presensi tersebut dapat diketahui apakah pegawai kontrak yang bersangkutan dapat menerima insentif atau tidak. Kesimpulan dari pengamatan ini adalah prosedur penggajian pegawai kontrak Sekretariat Daerah Kota Surakarta meliputi pengumpulan data dan pembuatan dokumen-dokumen untuk penggajian pegawai kontrak Sekretariat Daerah Kota Surakarta sampai dengan penyerahan gaji kepada pegawai kontrak Sekretariat Daerah Kota Surakarta. Saran untuk Sekretariat Daerah Kota Surakarta adalah sebaiknya dilakukan penggantian sistem penggajian dari manual ke sistem payroll agar tidak terjadi keterlambatan dalam pembayaran gaji pegawai kontrak di Sekretariat Daerah Kota Surakarta, serta sebaiknya pegawai kontrak mendapatkan Jamsostek dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebesar 100% untuk penanggungan biaya sosial kepada pegawai kontrak apabila terjadi kecelakaan kerja.. Kata kunci : pegawai kontrak, penggajian

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Manajemen Administrasi
    Depositing User: Igor M. Farhan
    Date Deposited: 09 Sep 2015 17:50
    Last Modified: 09 Sep 2015 17:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18463

    Actions (login required)

    View Item