IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN SATWA LANGKA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 TENTANG KONSERVASI SUMBERDAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA (STUDI DI SEKSI KONSERVASI WILAYAH I SURAKARTA BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA TENGAH)

BUDIMAN, ARIEF (2015) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN SATWA LANGKA BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 TENTANG KONSERVASI SUMBERDAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA (STUDI DI SEKSI KONSERVASI WILAYAH I SURAKARTA BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM JAWA TENGAH). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (101Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi konservasi satwa langka di wilayahSKW I Surakarta BKSDA Jawa Tengah. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi konservasi satwa langka tersebut dan proses penataan dan pengawasan perlindungan satwa langka diwilayah SKW I Surakarta BKSDA Jawa Tengah Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan hukum ini yaitu penelitian hukum empiris dan bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini nmenggunakan sumber data primer, sumber data sekunder dan sumber data tersier. Sedangkan, teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Balai Konservasi Sumber Daya Alam sebagai lembaga yang mempunyai peranan penting yang strategis dalam upaya penyelamatan dan perlindungan Satwa langka berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diambil kesimulan bahwa Strategi dan manajemen SKW I Surakarta BKSDA bersifat wait to see artinya melakukan monitoring perkembangan masyarakat. Dalam mengantisipasi perdagangan satwa dilindungi SKW I Surakarta BKSDA telah menggunakan kemajuan tekhnologi informasi yakni melalui media internet. SKW I Surakarta dama menjalankan tugas pokok dan fungsinya dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain faktor sumber daya manusia, faktor kesadaran masyarakat, dan faktot dibidang pemanfaatan dan pengelolaan. Dalam proses penataan dan pengawasan perlindungan satwa langka, SKW I BKSDA Surakarta telah mengadakan inventarisasi data sesuai tupoksi. Obyek kinerja SKW I BKSDA Surakarta difokuskan kepada penggemar, penangkar sebagai Data Base dan hewan langka razia /sitaan sebagai titipan untuk pengembangan penangkaran di Lembaga Animal Park se eks Karisidenan Surakarta Kata kunci : Konservasi, Satwa langka, Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Tengah

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 09 Sep 2015 17:34
    Last Modified: 09 Sep 2015 17:34
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18446

    Actions (login required)

    View Item