PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PERMAINAN (GAME)EDUKASI DENGAN PENDEKATAN ASSURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP N 5 KARANGANYAR

Andriati, Asih (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PERMAINAN (GAME)EDUKASI DENGAN PENDEKATAN ASSURE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DI SMP N 5 KARANGANYAR. Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (150Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk: (1)memperoleh kebutuhan bahan ajar Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP N 5 Karanganyar; (2) mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar berbasis game edukasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP N 5 Karanganyar; (3)menemukan bahan ajar berbasis game edukasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP N 5 Karanganyar; (4)memperoleh kebermaknaan bahan ajar berbasis game edukasi bagi peningkatan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMP N 5 Karanganyar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and development). Tahap metode tersebut mencakup: (1)tahap studi pendahuluan, meliputi studi pustaka, observasi dan wawancara guna mengetahui kebutuhan bahan ajar menurut guru dan siswa; (2)tahap pengembangan model, dimulai desain produk awal (Prototype)hingga menjadi bahan ajar Bahasa Indonesia berbasis game; dan (3)tahap evaluasi untuk menguji keefektifan bahan ajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; 1)kebutuhan bahan ajar menurut guru dan siswa, yang meliputi: (a)tampilan lay out yang lebih menarik; (b)gaya bahasa yang mudah dipahami siswa; (c)materi yang disajikan lengkap dan mudah dipahami; (d)gambar/ ilustrasi ditambah; dan (e)pemberian game untuk menarik minat belajar siswa; 2)prosedur pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang terdiri dari Analyze learner; menganalisis kebutuhan bahan ajar yang dibutuhkan siswa, State standards and objectives; menetapkan KI dan KD yang ingin dicapai, Select strategies, media, and materials; strategi berpusat pada siswa, media yang digunakan adalah media cetak bebrupa bahan ajar, Utilize technology, media and materials; menggunakan bahan ajar, Require learner parcipation; melibatkan siswa dalam pembelajaran, Evaluate and revise; 3)setelah dilakukan berbagai uji coba, akhirnya jadilah produk final bahan ajar berbasis game edukasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII; dan 4)ada perbedaan prestasi antara kelompok kontrol (menggunakan bahan ajar lama)dan kelompok eksperimen (menggunakan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis game edukasi). Dengan menggunakan teknis analisis independent sample t-test diperoleh signifikansi 0.000 atau kurang dari taraf signifikansi 0.05. Dengan kata lain bahan ajar bahasa Indonesia berbasis game edukasi lebih baik daripada bahan ajar lama. Kata kunci: Pengembangan, Bahasa Indonesia, ASSURE dan Game Edukasi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Teknologi Pendidikan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 09 Sep 2015 16:10
    Last Modified: 09 Sep 2015 16:10
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18436

    Actions (login required)

    View Item