PENGARUH UMPAN BALIK DENGAN ALAT BANTU AUDIO-VISUAL DAN UMPAN BALIK LANGSUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLABASKET DITINJAU DARI PERSEPSI KINESTETIK (Studi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Sragen)

Sunarso, Joko (2015) PENGARUH UMPAN BALIK DENGAN ALAT BANTU AUDIO-VISUAL DAN UMPAN BALIK LANGSUNG TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BOLABASKET DITINJAU DARI PERSEPSI KINESTETIK (Studi Eksperimen pada Siswa SMP Negeri 2 Sragen). Masters thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (315Kb) | Preview

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar yang belum optimal sehingga perlu diberikan umpan balik. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai:1.Perbedaan pengaruh antara penerapan umpan balik menggunakan alat bantu audio-visual dan umpan balik langsung (live feedback) terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket. 2.Perbedaan pengaruh peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan persepsi kinestetik baik, sedang, dan kurang. 3.Di antara variabel-variabel penerapan umpan balik dan persepsi kinestetik, variabel mana sajakah yang memiliki pengaruh interaksi terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, dengan rancangan factorial 2 x 3. Populasi penelitian adalah siswa putra kelas 8 SMP Negeri 2 Sragen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposiv random sampling besarnya sampel 60 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Tes Persepsi Kinestetik menggunakan Distance Perception Jump, Vertical Linear Space Test dan Bass stick Test. Tes Ketrempilan Bolabasket menggunakan tes AAHPERD basket test dari Bradford dan Rolayne W. Teknik Analisi data menggunakan analisis Varian (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan pada siswa yang mendapatkan umpan balik audiovisual mempunyai peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang menggunakan umpan balik langsung. Pada kelompok siswa yang mempunyai persepsi kinestetik baik mempunyai peningkatan hasil belajar keterampilan bolabasket yang lebih baik daripada kelompok siswa dengan xvi persepsi kinestetik sedang maupun kurang. Ada interaksi antara persepsi kinestetik dan keterampilan bolabasket. Kesimpulan: ada perbedaan yang signifikan antara umpan balik dengan alat bantu audio-visual dengan umpan balik langsung dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan bolabasket. Ada perbedaan yang signifikan antara persepsi kinestetik baik, sedang dan kurang terhadap hasil belajar keterampilan bolabasket. Ada interaksi yang signifikan antara umpan balik dan persepsi kinestetik. Kata kunci: Umpan Balik, Hasil Belajar, Keterampilan Bolabasket, Persepsi Kinestetik.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister > Ilmu Keolahragaan
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 09 Sep 2015 16:00
    Last Modified: 09 Sep 2015 16:00
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18435

    Actions (login required)

    View Item