PERSONAL BRANDING DALAM IKLAN POLITIK (Analisis Wacana Personal Branding Calon Legislative DPR-RI dalam Iklan Dislay Media Cetak Solopos dan Joglosemar Periode Masa Kampanye 16 Maret-5 April 2014)

Purwati, Ita (2015) PERSONAL BRANDING DALAM IKLAN POLITIK (Analisis Wacana Personal Branding Calon Legislative DPR-RI dalam Iklan Dislay Media Cetak Solopos dan Joglosemar Periode Masa Kampanye 16 Maret-5 April 2014). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (735Kb) | Preview

    Abstract

    Iklan adalah salah satu bentuk pemasaran yang dirasa cukup efektif untuk penjualan produk. Sama artinya dengan iklan politik. iklan komersil lebih bertujuan menjual produk, sedangkan dalam iklan politik menjual partai atau kandidat kepada pemilih. Iklan politik terlihat lebih rumit daripada iklan produk atau iklan layanan masyarakat. Tapi jika berhasil, iklan politik bisa meraih sejumlah target, seperti meningkatkan popularitas calon, meyakinkan pemilih yang masih bingung untuk menentukan pilihan, meraih dukungan, menyerang pesaing dan penentang, menjelaskan visi dan misi, dan menjaga citra sang calon. Iklan personal calon anggota legislatif(caleg) umunya bersifat sederhana sekalipun demikian sejumlah iklan yang dimuat di media massa terasa sedikit lebih kompleks. Hampir semua iklan tersebut berisi janji-janji dari partai dan kandidat yang disampaikan secara berlebihan, penuh dengan klaim akan tetapi miskin data dan upaya pembuktian. Penelitian yang dilakukan akan menganalisis iklan serta menjelaskan bagaimana personal branding yang diwacanakan dalam iklan display calon legislative DPR RI media cetak solopos dan Joglosemar periode masa kampanye 16 maret-5 april 2014 dengan menggunakan kerangka analisis Guy Cook. Penelitian ini dilakukan melalui dua dimensi analisis Guy Cook (2001) , yaitu teks dan konteks wacana.Dalam dimensi teks hanya tulisan saja yang di analisis kemudian dikembangkan lagi dalam struktur denotasi, konotasi, metafora dan struktur pararelisme. Sedangkan pada level konteks wacana , gambar dan tulisan akan diartikan secara bersama. Dari hasil analisis tersebut, wacana yang muncul adalah mengenai bentuk-bentuk personal branding yang dilakukan oleh calon legislative DPR RI. Setelah dilakukan analisis dari kedua dimendi tersebut maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa wacana personal brand yang ingin dibangun melalui iklan displaymedia cetak caleg DPR RI terdapat lima kategori yaitu: (1) wacana brand yang menunjukkan kehandalan diri ditunjukkan oleh Sarwoto Atmosutarmo dari partai Nasinal Demokrat, Mahmud dari partai Partai Keadilan Sejahtera dan Rinto Subekti dari partai Demokrat. (2) wacana brand yang ingin dicitrakan seperti tokoh politik tertentu ditunjukkan oleh Oktino Setyo Irawan dari partai Nasinal Demokrat dan Agustian Budi Prasetya dari partai Golongan Karya. (3) wacana brand yang menunjukkan sosok yang Akrab/ dekat dengan rakyat ditunjukkan oleh Eva Yuliana dari partai Nasional Demokrat, Aria Bima dari Partai Demokrasi xix Indonesia Perjuangan, Arianti Dewi dalam iklan versi Parik’an dari partai Golongan Karya, Budiyanto Darmastono dari partai Hanura. (4) wacana brand yang menunjukkan sebagai sosok figur yang tidak mempunyai ambisi ditunjukkan oleh Agustina wilujeng dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Puan Maharani dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Arianti Dewi dalam iklan versi bersama Ir. Andri Sudibyo dari partai Golongan Karya, dan yang terakhir (5) wacana brand yang menunjukkan sebagai sosok figur yang menjunjung tinggi nilai pluralisme ditunjukkan oleh Arianti Dewi versi dalam iklan “warna boleh beda” dari partai Golongan Karya. Kata kunci : personal branding, iklan surat kabar , Analisis wacana kritis.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Boby Anggit Suryawan
    Date Deposited: 09 Sep 2015 15:27
    Last Modified: 09 Sep 2015 15:27
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18425

    Actions (login required)

    View Item