LAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA

PRAMUDITA, AVIA PRIMA (2015) LAYANAN REFERENSI DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (491Kb) | Preview

    Abstract

    Informasi seakan telah menjadi makanan pokok sehari-hari. Perpustakaan harus mampu mengantisipasi kebutuhan ilmu pengetahuan dan informasi para pemakainya yang sifatnya dinamik dan selalu berubah, sesuai dengan perubahan nilai masyarakat, melalui upaya pengembangan koleksi dan memperbaiki layanannya. Di Perpustakaan Nasional layanan referensi merupakan salah satu jenis pelayanan yang diberikan kepada pengguna perpustakaan.Layanan referensi merupakan salah satu bagian dari layanan koleksi umum di perpustakaan nasional.Layanan ini juga berfungsi dalam pemenuhan kebutuhan informasi pemustaka. Adapun penulisan Tugas Akhir ini adalah: 1) Untuk mengetahui jenis dan sistem layanan referensi di Perpustakaan Nasional. 2) Untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan sistem layanan tertutup pada layanan referensi Perpustakaan Nasional. 3) Untuk mengetahui kendala dan hambatan yang dihadapi layanan referensi Perpustakaan Nasional dan solusi untuk mengatasinya. Dalam penulisan Tugas Akhir ini, untuk memperoleh data, dan informasi penulis menggunakan beberapa metode diantaranya; Metode Wawancara, Studi Pustaka, dan Observasi. Dalam penulisan Tugas Akhir ini dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Jenis layanan referensi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah layanan informasi, layanan penelusuran informasi ilmiah, layanan bimbingan pemakai, layanan baca di tempat dan layanan fotocopy. Sistem layanan yang digunakan pada layanan referensi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia adalah sistem layanan tertutup dengan alasan untuk tetap menjaga kondisi fisik koleksi layanan referensi agar tetap terjaga bentuk dan isinya. 2) Kelebihan sistem layanan tertutup lebih dirasakan kepada petugas atau pustakawan layanan referensi sedangkan kekurangan sistem layanan tertutup lebih dirasakan pemustaka karena tidak bebas dalam memilih koleksi. 3) Kurangnya tenaga pustakawan, SDM yang kurang kompeten dan koleksi yang kurang up to date merupakan kendala yang dialami oleh layanan referensi Perpustakaan Nasional. 4) Solusi untuk mengatasi hambatan pada layanan referensi yaitu dengan cara meningkatkan kinerja pustakawan dan petugas dengan sering mengadakan diklat kepustakawanan untuk petugas dan pustakawan layanan referesi. Saran yang dapat penulis sampaikan agar dapat dijadikan sebaga bahan pertimbangan bagi kemajuan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yaitu, perlunya petugas tambahan untuk layanan fotocopy, perlunya pengecekan rutin terhadap layanan koleksi referensi, lebih sering mengadakan diklat kepustakawanan untuk peningkatan kinerja pustakawan. Kata Kunci : Pelayanan Perpustakaan, Informasi, Layanan Referensi

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > D3 - Perpustakaan
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 09 Sep 2015 15:49
    Last Modified: 09 Sep 2015 15:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18423

    Actions (login required)

    View Item