PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMANFAATAN BLOG SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK DAN MATRIKS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X IPA SMA Al Firdaus Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015)

Nur, Fairuz Fajrianti (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMANFAATAN BLOG SISWA PADA MATERI NILAI MUTLAK DAN MATRIKS (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas X IPA SMA Al Firdaus Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (646Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas X IPA SMA Al Firdaus tahun pelajaran 2014/2015 melalui metode Project Based Learning (PjBL) dengan pemanfaatan blog siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Al Firdaus Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 12 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan tes. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data aktivitas belajar matematika siswa yang diperoleh dari hasil hasil observasi dan tes. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan aktifitas belajar matematika siswa yang ditunjukan dengan adanya peningkatan rata-rata persentase siswa pada setiap kategori oral activity, writing activity, dan visual activity mencapai ≥ 60% dengan nilai ≥2,75 dan sekurang-kurangnya 80% siswa dapat mencapai nilai ≥ 80 pada materi tersebut. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran melalui metode PjBL dengan pemanfaatan blog siswa dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika. Hal ini didasarkan pada hasil yang diperoleh pascatindakan. Sebelum pembelajaran menggunakan metode PjBL, siswa yang mencapai nilai ≥2,75 pada Oral Activity, Writing Activity, dan Visual Activity sebesar 0% dengan nilai rata-rata tes unit prasiklus adalah 52,4. Setelah siklus I siswa yang mencapai nilai ≥2,75 pada Oral Activity sebesar 58,33% , Writing Activity sebesar 50% dan Visual Activity sebesar 50% dengan nilai rata-rata tes unit siklus I adalah 75,5 dengan nilai ≥80 hanya 16,67%. Saat siklus II siswa yang mencapai nilai ≥2,75 Oral Activity sebesar 75%, Writing Activity siswa sebesar 66,75% dan Visual Activity sebesar 66,75% , rata-rata tes unit siklus II adalah 90,5 dengan nilai ≥80 mencapai 83,33%. Hal ini menunjukan terjadi peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar dari prasiklus menuju siklus I dan siklus II setelah diterapkan metode Project Based Learning dengan pemanfaatan blog siswa Kata kunci: metode Project Based Learning, blog, aktivitas belajar

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 09 Sep 2015 14:49
    Last Modified: 09 Sep 2015 14:49
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18416

    Actions (login required)

    View Item