PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Prasanti, Fadlia Dewi (2015) PENGARUH BRAIN GYM TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (363Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan data mengenai tingkat konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, 2) Untuk mendeskripsikan data mengenai tingkat konsentrasi belajar subjek penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 3) Untuk mendeskripsikan data mengenai tingkat ketrampilan subjek dalam melakukan gerakan Brain Gym, dan 4) Untuk menguji keefektifan Brain Gym terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Quasy Experimental Non Equivalent Control Group Design, yaitu penelitian dengan menggunakan dua kelompok yang masing-masing bertindak sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengambilan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 31 siswa yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu 16 siswa menjadi subjek kelompok eksperimen dan 15 siswa menjadi subjek kelompok kontrol. Tingkat konsentrasi belajar siswa diukur dengan menggunakan instrumen tes Army Alpha subtes listen to commands. Pemberian Brain Gym pada kelompok eksperimen dilakukan selama satu minggu. Teknik analisis uji beda menggunakan teknik Wilcoxon melalui aplikasi SPSS 18. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil uji beda menggunakan teknik Wilcoxon diperoleh nilai Z skor pre-test dan post-test tingkat konsentrasi belajar pada kelompok eksperimen sebesar -3,535 dengan nilai 1-tailed Sig. sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor tingkat konsentrasi belajar pada kelompok eksperimen antara sebelum mendapatkan perlakuan dan sesudah mendapatkan perlakuan berupa Brain Gym. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh Brain Gym terhadap peningkatan konsentrasi belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Brain Gym, konsentrasi belajar.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bimbingan Konseling
    Depositing User: Muhammad Naufal Indriatmoko
    Date Deposited: 05 Oct 2015 14:22
    Last Modified: 05 Oct 2015 14:22
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18414

    Actions (login required)

    View Item