ANALISA ALIRAN FLUIDA DAN DISTRIBUSI TEMPERATUR DI SEKITAR SUMBER PANAS DI DALAM SEBUAH CAVITY DENGAN METODE BEDA HINGGA

PRASTYO, BUDI (2015) ANALISA ALIRAN FLUIDA DAN DISTRIBUSI TEMPERATUR DI SEKITAR SUMBER PANAS DI DALAM SEBUAH CAVITY DENGAN METODE BEDA HINGGA. Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1821Kb) | Preview

    Abstract

    Analisa aliran fluida dan distribusi temperatur di sekitar sumber panas di dalam sebuah cavity dengan metode beda hingga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui arah aliran fluida dan ditribusi temperatur di sekitar sumber panas dengan membuat visualisasi dua dimensinya. Analisa ini juga dapat digunakan untuk menganalisa pola aliran fluida dan distribusi temperatur pada sebuah pemanas ruangan yang sesungguhnya. Penelitian dilakukan dengan analisa non dimensional dengan asumsi aliran udara di dalam cavity adalah laminar dan temperatur di dalam cavity lebih tinggi daripada temperatur di lingkungan sekitar. Geometri pada penelitian dibuat dalam bentuk kotak 2 dimensi dengan cavity di tengahnya. Kotak dibuat dengan aspek ratio 1:1. Dinding yang mengelilingi cavity bersifat solid. Sumber panas diletakkan pada dinding kiri bagian dalam. Percobaan dilakukan dengan 3 macam variasi ketinggian sumber panas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aliran fluida memiliki dua hingga tiga pola aliran dengan dua arah putaran yaitu searah dengan jarum jam dan berlawanan arah dengan jarum jam. Aliran fluida yang mempunyai arah putaran searah dengan jarum jam menunjukkan proses pemanasan dan aliran fluida yang mempunyai arah putaran berlawanan dengan arah jarum jam menunjukkan proses pendinginan. Arah aliran fluida dan distribusi temperatur dapat dilihat dalam bentuk gambar dua dimensi dan hasil terbaik dari analisa variasi ketinggian sumber panas terdapat pada tengah dinding vertikal. Kata kunci: beda hingga, konduksi, konveksi alami, perpindahan panas, sumber panas.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
    Divisions: Fakultas Teknik
    Fakultas Teknik > Teknik Mesin
    Depositing User: Ihwan Ali
    Date Deposited: 09 Sep 2015 14:12
    Last Modified: 09 Sep 2015 14:12
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18407

    Actions (login required)

    View Item