Pola Komunikasi Interpersonal Kaum Lesbian dalam Mengungkap Diri (Self Disclosure) (Studi Kasus Peran Komunikator dan Komunikan Kaum Lesbian dalam Berkomunikasi Terkait Pengungkapan Diri terhadap Komunitasnya di Kota Tegal)

Rohmatun, Meily (2015) Pola Komunikasi Interpersonal Kaum Lesbian dalam Mengungkap Diri (Self Disclosure) (Studi Kasus Peran Komunikator dan Komunikan Kaum Lesbian dalam Berkomunikasi Terkait Pengungkapan Diri terhadap Komunitasnya di Kota Tegal). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (535Kb) | Preview

    Abstract

    Meily Rohmatun. D1212050, Pola Komunikasi Interpersonal Kaum Lesbian dalam Mengungkap Diri (Self Disclosure)-(Studi Kasus Peran Komunikator dan Komunikan Kaum Lesbian dalam Berkomunikasi Terkait Pengungkapan Diri terhadap Komunitasnya di Kota Tegal). Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2015. Homoseksual sudah menjadi suatu fenomena yang banyak dibicarakan di dalam masyarakat, baik di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, dengan adat ketimurannya, homoseksual masih menjadi suatu fenomena seksual yang masih terbilang tabu dan dianggap menyimpang oleh sebagian masyarakat. Perempuan yang memiliki ketertarikan secara perasaan (kasih sayang, hubungan emosional) terhadap sesama perempuan disebut lesbian. Fenomena kaum lesbian ini tidak hanya berkembang di kota besar saja, melainkan telah mempengaruhi perkembangan kaum lesbian di Kota Tegal, sebuah kota yang tergolong kota kecil di propinsi Jawa Tengah. Individu lesbian ini sulit untuk berinteraksi dengan masyarakat luas, bahkan dengan sesama komunitasnya sendiri. Fenomena ini menarik untuk diteliti mengingat proses komunikasi yang dilakukan oleh kaum lesbian terhadap komunitasnya bukan merupakan hal mudah yang dapat dilakukan seperti percakapan sehari-hari pada umumnya. Proses pengungkapan diri dalam komunikasi interpersonal ini bertujuan untuk mencari teman, teman kencan, kekasih bahkan mereka mengungkapkan semua perasaan yang tertahan ketika kehidupan normal menuntut mereka untuk menutupi tingkah laku dan perilaku mereka dalam bermasyarakat. Menurut DeVito (2011), pengungkapan diri adalah informasi mengenai seseorang, yang meliputi isi pikiran, perasaan dan perilaku seseorang atau mengenai orang lain yang dekat dengan kita yang memiliki hubungan ketergantungan signifikan dengan kita. Pengungkapan diri memperbaiki komunikasi. Kita dapat lebih memahami apa yang dikatakan seseorang jika kita mengenal baik orang tersebut. Sebaliknya, tanpa pengungkapan diri, hubungan yang bermakna dan mendalam tidak akan mungkin terjadi. Berdasarkan pendapat dari teori ini, maka disusunlah penelitian kualitatif, dengan tujuan mendeskripsi dan menganalisa peran komunikator dan komunikan dalam proses komunikasi interpersonal kaum lesbian terkait pengungkapan diri mereka. Untuk menganalisis masalah tersebut, metode studi kasus digunakan karena untuk mengetahui secara rinci dan menyeluruh mengenai pola komunikasi interpersonal kaum lesbian dalam melakukan pengungkapan diri. Dengan melakukan wawancara secara mendalam, data primernya bisa didapatkan. Dari hasil analisis yang dilakukan, peran komunikator dan komunikan menjadi penting dalam pengungkapan diri lesbian, sehingga terbentuk suatu pola komunikasi interpersonal yang menggambarkan proses interaksi mulai dari tahap perkenalan hingga hubungan puncak.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
    H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
    H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 09 Sep 2015 11:36
    Last Modified: 09 Sep 2015 11:36
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18393

    Actions (login required)

    View Item