PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA

Yosanti, Meyritta Dian (2015) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK KRISTEN 1 SURAKARTA. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (185Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah1) untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa di SMK Kristen 1 Surakarta, 2) untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Kristen 1 Surakarta, 3) untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran dan fasilitas belajar di sekolah secara simultan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Kristen 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan IPS SMK Kristen 1 Surakartatahun pelajaran 2013/2014 kecuali jurusan keperawatan. Teknik sampling yang digunakan adalah proportional sampling dan random sampling.Jumlah sampel penelitian ini adalah 123 responden.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi berganda sebesarY = 17,244 + 0,849X1 + 0,839X2. Koefisien regresi bernilai positif artinya kreativitas guru berpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar siswa dan fasilitas belajarberpengaruh secara positif terhadap prestasi belajar siswa.Hal ini berarti semakin tinggi kreativitas guru dalam pembelajaran maka akan semakin meningkatkan prestasi belajar siswadan semakin baikfasilitas belajarmengakibatkan semakin tinggi prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) kreativitas guru dalam pembelajaran berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai probabilitas < 0,05 (0,000 < 0,05), (2)fasilitas belajar berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai probabilitas < 0,05 (0,000< 0,05), (3) kreativitas guru dalam pembelajaran dan fasilitas belajar secara bersama-sama berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000<0,05 dan koefisien determinasi sebesar 73%. Hal ini menunjukkan bahwa 73% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam pembelajaran dan fasilitas belajar, sedangkan sisanya sebesar 27% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian. Kata kunci: kreativitas guru dalam pembelajaran, fasilitas belajar, prestasi belajar siswa.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 09 Sep 2015 10:42
    Last Modified: 09 Sep 2015 10:42
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18387

    Actions (login required)

    View Item