PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENGUKURAN BESARAN FISIKA

Kuswandari, Meta (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PENGUKURAN BESARAN FISIKA. Other thesis, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (262Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar Fisika berupa modul dengan pendekatan pembelajaran kontekstual pada materi Pengukuran Besaran Fisika untuk SMA kelas X yang memenuhi kriteria baik. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung data kuantitatif ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Prosedur pengembangan penelitian ini meliputi: (1)Penelitian dan megumpulkan informasi,(2)Perencanaan, (3)Pengembangan draft produk, (4)Uji coba lapangan awal, (5)Merevisi hasil uji coba lapangan awal, dan (6)Uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan observasi. Data-data yang diperoleh berasal dari validator yang terdiri atas 2 dosen ahli, 2 guru sebagai reviewer dan 2 peer reviewer serta responden yang terdiri atas 10 siswa dari SMA Negeri 1 Simo dan 30 siswa yang berasal dari lima SMA yaitu SMA Negeri 1 Simo, SMA Negeri Karanggede, SMA Negeri 2 Boyolali, SMA Bhineka Karya Simo dan SMA Negeri 2 Simo. Data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan penilaian skor standar dari Azwar yang kemudian dibagi menjadi lima kategori.Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif dari Miles dan Huberman yang melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Pengembangan bahan ajar pembelajaran Fisika yang berupa modul materi Pengukuran Besaran Fisika kelas X secara umum sudah sangat baik berdasarkan kesesuaian hasil validasi ahli, peer reviewer dan reviewer dalam aspek kelayakan isi, bahasa dan gambar, penyajian serta kegrafisan. Hasil validasi menunjukka bahwa ahli I dan ahli II memberi skor total yakni 92 (Sangat baik), reviewer I dan II masing-masing memberi skor 86 dan 85 (Sangat Baik), sedangkan peer reviewer I memberi skor 82 (Baik) dan peer reviewer II sebesar 98 (sangat baik). Hasil ujicoba lapangan awal dan utama dengan hasil yang sangat baik. Hal ini terbukti bahwa ada 4 siswa yang menilai baik dan 6 siswa menilai sangat baik dalam uji coba lapangan awal yang dilakukan kepada 10 siswa, serta 7 siswa menilai baik dan 23 siswa menilai sangat baik dalam uji coba lapangan utama yang dilakukan kepada 30 siswa. Kata kunci: bahan ajar, Fisika, kontekstual, pengukuran besaran Fisika

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
    Q Science > QC Physics
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Depositing User: Faisal M
    Date Deposited: 09 Sep 2015 10:31
    Last Modified: 09 Sep 2015 10:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18386

    Actions (login required)

    View Item