TINJAUAN PENGAJUAN KASASI OLEH TERDAKWA TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SUMENEP DAN ARGUMENTASI MAHKAMAH AGUNG DALAM MENGABULKANNYA(Studi Putusan Perkara Praktek Kedokteran Tanpa Surat Ijin Nomor : 981K/Pid.Sus/2013)

MAHARANI, MAYA DEWI (2015) TINJAUAN PENGAJUAN KASASI OLEH TERDAKWA TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SUMENEP DAN ARGUMENTASI MAHKAMAH AGUNG DALAM MENGABULKANNYA(Studi Putusan Perkara Praktek Kedokteran Tanpa Surat Ijin Nomor : 981K/Pid.Sus/2013). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (626Kb) | Preview

    Abstract

    MAYA DEWI MAHARANI. E0011189. TINJAUAN PENGAJUAN KASASI OLEH TERDAKWA TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN NEGERI SUMENEP DAN ARGUMENTASI MAHKAMAH AGUNG DALAM MENGABULKANNYA (Studi Putusan Perkara Praktek Kedokteran Tanpa Surat Izin Nomor : 981 K/Pid.Sus/2013). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. 2015 Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui pengajuan kasasi oleh Terdakwa terhadap putusan Pengadilan Negeri Sumenep dan argumentasi Mahkamah Agung dalam mengabulkannya mengenai kasus praktek kedokteran tanpa surat izin. Penelitian ini menjawab dasar hukum pengajuan kasasi oleh Terdakwa, serta dasar hukum pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan kasasi yang diajukan oleh Terdakwa. Penelitian hukum ini termasuk dalam penelitian hukum normatif yang yang bersifat preskriptif dan terapan. Dalam penulisan hukum ini menggunakan pendekatan kasus yaitu alasan-alasan hukum yang digunakan oleh hakim untuk sampai kepada putusannya. Sumber bahan hukum dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Dalam kasus tindak pidana praktek kedokteran yang terjadi di Sumenep, Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana praktek kedokteran tanpa surat izin oleh Pengadilan Negeri Sumenep yang menjatuhkan putusan berupa pidana 3 bulan penjara. Terdakwa tidak menerima atas putusan tersebut kemudian mengajukan upaya hukum kasasi. Mahkamah Agung dalam memeriksa, mengadili perkara tersebut menyatakan Terdakwa tidak terbukti bersalah dan membebaskan Terdakwa dari dakwaan Jaksa/Penuntut Umum. Mahkamah Agung berpendapat bahwa judex factie telah salah dalam penerapan, utamanya telah salah dalam penerapan hukum pembuktian. Dasar hukum alasan-alasan pengajuan kasasi oleh Terdakwa sudah sesuai ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP. Kata Kunci : Kasasi, Praktek kedokteran, Putusan.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: K Law > K Law (General)
    K Law > KZ Law of Nations
    Divisions: Fakultas Hukum
    Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 09 Sep 2015 10:32
    Last Modified: 09 Sep 2015 10:32
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18384

    Actions (login required)

    View Item