ANALISIS RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2014/2015)

INDRAWATIK, DEVIANA (2015) ANALISIS RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Mojolaban Tahun Pelajaran 2014/2015). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF
Download (447Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK DEVIANA INDRAWATIK. ANALISIS RESPON SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN TAKSONOMI SOLO DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA SMP. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, April 2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dan karakteristik dari tingkat respon siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Mojolaban berdasarkan taksonomi SOLO pada masing -masing tipe gaya kognitif siswa dalam menyelesaikan permasalahan SPLDV. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2014/ 2015 pada kelas VIII B dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek penelitian dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok siswa dengan gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent(FD). Dari masing-masing kelompok diambil dua orang untuk kemudian diteliti lebih lanjut. Data tentang gaya kognitif siswa diperoleh dari tes GEFT. Sedangkan data tentang respon siswa diperoleh dari hasil wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa 1)siswa dengan gaya kognitif FI berada pada tingkat unistructural , relational, dan extended abstract sedangkan siswa dengan gaya kognitif FD berada pada tingkat unistructural dan multistructural 2) karakteristik respon pada subjek: a) gaya kognitif FI (1) pada tingkat unistructural adalah sebagai berikut : (a) mampu menuliskan model matematika dari soal, (b) melakukan prosedur dengan benar, serta (c) menyelesaikan soal dengan satu metode. (2) pada tingkat relational adalah sebagai berikut : (a) mampu menuliskan model matematika dari soal, (b) melakukan prosedur dengan benar, (c) menyelesaikan soal dengan satu metode , (d) menyelesaikan soal dengan metode yang lain (e) menentukan hubungan antara dua penyelesaian yang berbeda . (3) pada tingkat extended abstract adalah sebagai berikut : (a) mampu menuliskan model matematika dari soal, (b) melakukan prosedur dengan benar, (c) menyelesaikan soal dengan satu metode, (d) menyelesaikan soal dengan metode yang lain(e) menentukan hubungan antara dua penyelesaian yang berbeda serta (f)menggunakan cara yang efektif ketika diberikan soal yang berbeda. b)gaya kognitif FD (1) pada tingkat unistructural adalah sebagai berikut : (a)mampu menuliskan model matematika dari soal, (b) melakukan prosedur dengan benar, serta (c) menyelesaikan soal dengan satu metode. (2) pada tingkat multistructural adalah sebagai berikut : (a)mampu menuliskan model matematika dari soal, (b) melakukan prosedur dengan benar, (c) menyelesaikan soal dengan satu metode (d) menyelesaikan soal dengan metode yang lain. Kata kunci: Respon, taksonomi SOLO, Gaya Kognitif, SPLDV

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
    Depositing User: Azinudin Achzab
    Date Deposited: 09 Sep 2015 10:17
    Last Modified: 09 Sep 2015 10:17
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18382

    Actions (login required)

    View Item