SOSIALISASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (Studi Evaluasi Efektivitas Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Temanggung)

IRIANI, MARIZA RIZQI (2015) SOSIALISASI JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (Studi Evaluasi Efektivitas Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Temanggung). Other thesis, Universitas Sebelas Maret.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (955Kb) | Preview

    Abstract

    Mariza Rizqi Iriani. D0210072. Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (Studi Evaluasi Efektivitas Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Temanggung). Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah jaminan berupa perlindungan kesehatan agar masyarakat memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan dan perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah. JKN merupakan bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang diselenggarakan melalui mekanisme asuransi yang sifatnya wajib berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang SJSN. JKN mulai dilaksanakan pada 1 Januari 2014, sehingga perlu dilaksanakan sosialisasi dalam mensukseskan program baru tersebut. Sosialisasi dipandang perlu untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya jaminan kesehatan bagi setiap orang. Dengan sosialisasi diharapkan masyarakat sadar akan pentingnya jaminan kesehatan sehingga turut berpartisipasi dalam program pemerintah ini dengan mendaftar sebagai peserta JKN. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas sosialisasi JKN yang dilaksanakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Kabupaten Temanggung serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan maupun kegagalan pelaksanaan sosialisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode analisis data penelitian yang digunakan adalah CIPP (Context, Input, Process, Product). Sumber data penelitian terdiri dari dua yaitu wawancara dengan pelaksana dan peserta program. Penulisan skripsi ini menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sosialisasi JKN tidak hanya dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Kabupaten Temanggung, melainkan dibantu oleh BPJS Kesehatan KCU Magelang dan Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung. Pelaksanaan sosialisasi JKN yang dilaksanakan cukup baik karena menghasilkan suatu efektivitas program yang dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan peserta JKN di Temanggung. Namun dengan adanya pelaksanaan sosialisasi ini belum memberikan dampak pencitraan yang positif terhadap BPJS Kesehatan Temanggung. Saran untuk pelaksana program adalah meningkatkan hubungan kerja sama antar pihak dalam melaksanakan sosialisasi dan menambahkan personil pelaksana sosialisasi guna meningkatkan efektivitas sosialisasi JKN di Kabupaten Temanggung. Kata Kunci: Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), sosialisasi, efektivitas, analisis CIPP.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
    H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
    H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
    Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
    Depositing User: Dhamar Aprilani Dwi Safitri
    Date Deposited: 09 Sep 2015 09:50
    Last Modified: 09 Sep 2015 09:50
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18375

    Actions (login required)

    View Item