ANALISIS PERBANDINGAN RETURN SAHAM STRATEGI MOMENTUM DENGAN KONTRARIAN DAN VALUE INVESTING DENGAN GROWTH INVESTINGPADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG TERDAFTAR DIJAKARTA ISLAMIC INDEX (JII)

ANGGRAINI, INA AYU (2015) ANALISIS PERBANDINGAN RETURN SAHAM STRATEGI MOMENTUM DENGAN KONTRARIAN DAN VALUE INVESTING DENGAN GROWTH INVESTINGPADA SAHAM-SAHAM SYARIAH YANG TERDAFTAR DIJAKARTA ISLAMIC INDEX (JII). Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (1196Kb) | Preview

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui return saham yang dihasilkan dari penerapan strategi momentum dengan strategi kontrarian, kemudian membandingkan return yang dihasilkan dari penerapan kedua strategi tersebut. Mengetahui return saham yang dihasilkan strategi value investing dengan growthinvesting, kemudian membandingkan return yang dihasilkan dari penerapan kedua strategi tersebut pada saham-saham yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Populasi yang menjadi obyek penelitian ini adalah saham-saham yangterdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dengan memilih periodepengamatan 1 Januari 2008 sampai 30 November 2013. Metodepengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampelpenelitian untuk strategi momentum dan kontrarian menggunakan saham-saham yang selalu terdaftar di JII selamaperiode pengamatan. Untuk strategi value investing dengan growth investing menggunakan saham-saham yang selalu terdaftar di JII periode dua tahunan dengan rasio P/E dan P/BV bernilai positif. Analisis yang digunakan untuk membandingkan penerapanstrategi momentum dan strategi kontrarian dengan menghitung nilai perbedaanrata-rata future return yang dihasilkan dari saham-saham past winner dan pastloser. Analisis strategi value investing dengan growth investing menghitung nilai perbedaan rata-rata future return. Hasil temuan menunjukkan bahwa penerapan strategi momentum menghasilkan return positif dalam jangka waktu pendek sampai jangka menengah dan penerapan strategi kontrarian menghasilkan return negatif jangka pendek hingga menegah, perbandingan dari penerapan kedua strategi menunjukkan bahwa strategi momentum dapat menghasilkan return yang lebih tinggi daripada strategi kontrarian dalam jangka waktu menengah. Strategi value investing dan growth investing menghasilkan return positif di Indonesia, perbandingan dari kedua strategi menunjukkan bahwa strategi value investing dapat menghasilkan return yang lebih tinggi daripada strategi growth investing.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 09 Sep 2015 07:43
    Last Modified: 09 Sep 2015 07:43
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18368

    Actions (login required)

    View Item