PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VOLATILITAS RETURN SAHAM, PROFITABILITAS DAN BOOK TO MARKET TERHADAP REAKSI PASAR SAAT PENGUMUMAN DIVIDEN

FALAHI, IKHBAR (2015) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, VOLATILITAS RETURN SAHAM, PROFITABILITAS DAN BOOK TO MARKET TERHADAP REAKSI PASAR SAAT PENGUMUMAN DIVIDEN. Other thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (450Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan, volatilitas return saham, profitabilitas perusahaan dan book to market terhadap reaksi pasar saat pengumuman dividen. Reaksi pasar dalam penelitian ini menggunakan buy and hold abnormal return (BHAR) yang merupakan abnormal return long run investment. Data penelitian ini diambil dari perusahaan non keuangan yang tercantum di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama periode tahun 2008 hingga 2012. Jumlah data sebanyak 537 perusahaan di mana data normal hanya sebanyak 454 perusahaan. Pengujian menggunakan analisis regresi dengan menggunakan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan rasio book to market berpengaruh negatif signifikan terhadap rekasi pasar saat pengumuman dividen. Pengumuman perubahan dividen, volatilitas return saham, profitabilitas dan volatilitas yang dimoderasi pengumuman perubahan dividen berpengaruh positif secara tidak signifikan. Variabel yang telah dimoderasi pengumuman perubahan dividen lainnya seperti ukuran perusahaan, profitabilitas dan book to market berpengaruh negatif secara tidak signifikan terhadap reaksi pasar saat pengumuman dividen. Penelitian selanjutnya diharapkan lebih memperhatikan variabel independen yang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, memodifikasi konsep penelitian dan menambah variabel pendukung untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

    Item Type: Thesis (Other)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HB Economic Theory
    H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Divisions: Fakultas Ekonomi
    Fakultas Ekonomi > Manajemen
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 09 Sep 2015 07:31
    Last Modified: 09 Sep 2015 07:31
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18366

    Actions (login required)

    View Item