PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK TRIGONOMETRI DENGAN MENGINTEGRASIKAN PENALARAN MATEMATIS, TEKNOLOGI, SEJARAH, DAN APLIKASI TRIGONOMETRI

WULANDARI, IKA (2015) PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK TRIGONOMETRI DENGAN MENGINTEGRASIKAN PENALARAN MATEMATIS, TEKNOLOGI, SEJARAH, DAN APLIKASI TRIGONOMETRI. Masters thesis, UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

[img]
Preview
PDF
Download (685Kb) | Preview

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah: (1) Merumuskan kebutuhan konten buku trigonometri, (2) Mengembangkan prototype menjadi buku elektronik trigonometri, (3) Mengetahui hasil evaluasi kelayakan buku elektronik yang dikembangkan untuk calon guru, guru, dan instruktur trigonometri. Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development /R&D) digunakan untuk menghasilkan buku elektronik trigonometri. Tahap metode tersebut mencakup: (1) tahap eksplorasi: studi pustaka dan studi kasus, (2) tahap pengembangan: mendesain produk hingga menjadi buku elektronik trigonometri; dan (3) tahap evaluasi, untuk menguji kelayakan buku elektronik trigonometri. Hasil yang diperoleh sebagai berikut: 1) identifikasi kebutuhan konten trigonometri seharusnya memperhatikan: (a) penalaran dan pemahaman geometri meliputi: symbol, jarak, Teorema Pythagoras, lingkaran, segitiga, sudut, serta konsep pi, (b) penalaran dan pemahaman fungsi meliputi: representasi (numerik, grafik, simbolik/aljabar, verbal), serta keterkaitan antar representasi, (c) penalaran dan pemahaman fungsi trigonometri meliputi: definisi fungsi berdasarkan lingkaran satuan, definisi fungsi berdasarkan rasio sisi-sisi segitiga siku-siku, multiple representasi dan properti pada fungsi induk trigonometri, (d) sejarah, dan kronologi lahirnya fungsi trigonometri, serta (e) aplikasi fungsi trigonometri dalam dunia nyata; 2) mengembangkan prototype menjadi buku elektronik trigonometri, dilakukan dengan prosedur: (a) analisis desain berdasarkan identifikasi kebutuhan konten buku, (b) pengembangan konten buku, (c) penyelarasan ilustrasi teks, grafik, tabel, game, video, dan layout, (d) mendesain aplikasi (.exe), buku elektronik pdf, dan html, (e) uji kelayakan pakar (Expert Judgment): ahli materi menilai 4,07 (Baik), ahli media menilai 4,03 (Baik); 3) Hasil evaluasi menunjukkan: (a) pada Uji Coba I, calon pengguna produk menilai 4,95 (Sangat Baik) untuk aspek materi, sedangkan dari aspek media dinilai 4,8 (Sangat Baik), (b). pada Uji Coba II, calon pengguna produk menilai 4,79 (Sangat Baik) untuk aspek materi, sedangkan dari aspek media dinilai 4,61 (Sangat Baik). Berdasarkan hasil uji kelayakan pakar trigonometri dan media, serta uji coba I dan II untuk uji kelayakan dari calon pengguna, maka buku elektronik trigonometri ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai sumber pegangan mahasiswa calon guru, guru, dan instruktur trigonometri.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics
    Divisions: Pasca Sarjana
    Pasca Sarjana > Magister
    Pasca Sarjana > Magister > Pendidikan Matematika - S2
    Depositing User: Rizky Taqwa Perdana
    Date Deposited: 09 Sep 2015 07:18
    Last Modified: 09 Sep 2015 07:18
    URI: https://eprints.uns.ac.id/id/eprint/18363

    Actions (login required)

    View Item